Polisi Pakai Alat Canggih untuk Penyidikan Kasus Kecelakaan

- Jumat, 10 Maret 2023 | 16:28 WIB
Kecelakaan (NTMC Polri)
Kecelakaan (NTMC Polri)

SENAYANPOST - Korlantas Polri punya alat canggih yakni alat pemindai 3 dimensi, atau Faro Freestyle Hand Held 3D Scanner. Fungsi alat scanner ini untuk mendukung alat olah TKP yang sudah ada.

Menurut Brigjen Pol Aan Suhanan Dirgakkum Korlantas Polri mengatakan, alat scanner ini berfungsi untuk mengukur kerusakan kendaraan pada kecelakaan. Disamping itu, alat ini lebih cepat dari alat yang sudah ada.

“Kerja alat ini sangat detail, mengukur di ruang-ruang yang tak tersentuh. Selain itu alat ini memproses secara cepat, alat sebelumnya butuh waktu tiga hari, dengan alat ini cukup hitungan jam,” kata Brigjen Pol Aan Suhanan dikutip laman resmi Korlantas Polri, Jumat 10 Maret 2023.

Brigjen Pol Aan Suhanan menambahkan alat ini otomatis langsung memproses, menganalisa dengan hasil mendekati sempurna yaitu 99%. Alat ini sangat penting melaksanakan Olah TKP berbasis alat modern.

Baca Juga: Kerjasama antara Korlantas Polri dan Google Menghasilkan Fitur Baru di Google Map untuk Pemudik

“TKP menjadi kunci pengungkapan kasus, kalau konvensional sangat kesulitan. Petugas yang mengoperasionalkan akan ada pelatihan dan sertifikat. Ini sudah terbukti menjadi Yurisprudensi kasus di Jombang,” jelas Brigjen Pol Aan Suhanan.

Alat ini tambahnya, bakal didistribusikan ke jajaran Polda dan Polres se-Indonesia. Harapannya dengan bantuan alat ini, bukti-bukti yang disajikan di pengadilan tidak akan terbantahkan.***

Editor: Hanggi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Opini: Narkoba dan Syariah

Kamis, 28 September 2023 | 10:51 WIB

Perhatian, Warga Jakarta Harus Cetak Kartu Identitas Ini

Kamis, 21 September 2023 | 10:15 WIB
X