Begini Cara Kemenhub Antisipasi Maraknya Pemudik Sepeda Motor

- Senin, 13 Maret 2023 | 18:33 WIB
Ilustrasi pemudik sepeda motor
Ilustrasi pemudik sepeda motor

SENAYANPOST - Pemudik sepeda motor menjadi pemandangan yang selalu terlihay, ketika mendekati Hari Raya Idul Fitri, mereka rela menempuh jarak ratusan kilometer untuk bertemu dengan sanak saudaranya.

Namun mudik dengan menggunakan sepeda motor tentu beresiko tinggi bagi pemudik, makanya guna meminimalisir pemudik sepeda motor, Kementerian Perhubungan mengadakan mudik gratis.

Menurut Hendro Sugiatno, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, pelaksanaan program mudik gratis pada masa angkutan Lebaran 2023 diharapkan mengurangi pergerakan pemudik dengan menggunakan sepeda motor.

"Kami perlu mengadakan mudik gratis mungkin bukan hanya di Kementerian Perhubungan tetapi di kementerian-kementerian lain dan badan-badan usaha serta perusahaan-perusahaan lain akan mengadakan mudik gratis yang sama dengan harapan akan mengurangi pergerakan mudik dengan sepeda motor," ungkap Hendro dikutip dari Antara.

Baca Juga: Mudik Gratis Bareng Kemenhub Siapkan Kuota Sebanyak 24.072 Penumpang

Lebih lanjut dirinya mengatakan berdasarkan hasil survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) menyebutkan bahwa, potensi pergerakan masyarakat selama libur Lebaran 2023 diprediksi mencapai 123,8 juta orang.

Jumlah itu meningkat 14,2 persen, jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2022 sebesar 85,5 juta orang.

Dari hasil survei itu, juga disebutkan lima pilihan moda terbanyak yang diprediksi digunakan pada masa liburan Lebaran 2023, yakni mobil pribadi 22,07 persen (27,32 juta orang), sepeda motor 20,3 persen (25,13 juta orang), bus 18,39 persen (22,77 juta orang), kereta api antarkota 11,69 persen (14,47 juta orang), dan mobil sewa 7,7 persen (9,53 juta orang).

"Kalau dilihat dari pergerakan nasional untuk mudik ini masih didominasi oleh kendaraan pribadi dan sepeda motor, itu dua kendaraan yang menduduki ranking teratas," ujar Hendro.

Baca Juga: Ada 16 Jalan Tol Baru Siap Beroperasi untuk Arus Mudik, Ini Lokasinya

Oleh karena itu, lanjut dia, Kemenhub mengimbau pemudik untuk menggunakan fasilitas mudik gratis untuk mengurangi risiko kecelakaan.

"Jadi, jangan menggunakan sepeda motor untuk pergerakan mudik karena risiko kecelakaan lebih tinggi karena faktor ketahanan fisik capek baik itu jarak maupun kondisi alam yang bisa menyebabkan kelelahan. Kalau dilihat data-data kecelakaan lalu lintas mudik yang paling banyak disebabkan karena capek dan korbannya adalah sepeda motor," pungkas Hendro.***

Editor: Hanggi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Opini: Bung Karno, Tito, dan Ekonomi Pancasila

Selasa, 6 Juni 2023 | 10:14 WIB
X