Hukum

Zulkifli Hasan Antar Zainudin ke Lapas Rajabasa

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Ketua MPR Zulkifli Hasan, mendatangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Rajabasa, Bandarlampung, seusai memberikan materi di Silaknas Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Mahligai Agung Convetion Hall Pasca Sarjana UBL, Provinsi Lampung, Jumat (7/12/2018).

Zulkifli Hasan datang ke Lapas Kelas I Bandarlampung sekitar pukul 9.30 WIB ini bukan untuk menjenguk penghuni lapas, melainkan mengantarkan adiknya Bupati Lampung Selatan nonaktif, Zainudin Hasan, yang terkena OTT KPK dan ditahan terkait kasus menerima fee proyek di Kabupaten Lampung Selatan.

Ketua MPR ini tiba ke Lapas menggunakan mobil Toyota Vellfire bernopol RI 5. Setelah mengantar adiknya, ia meninggalkan lapas sekitar pukul 10.48 WIB. Zainudin Hasan ditahan di Lapas Rajabasa karena berkas perkaranya sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tipikor Tanjungkarang.

Atas kasus ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita aset-aset milik Zainudin Hasan. Penyitaan aset tersebut ada kaitannya dengan aliran dana fee proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam persidangan Bupati nonaktif Lampung Selatan Zainudin Hasan, Pengadilan Negeri Kelas 1A Tanjungkarang berencana memberikan pengawalan ekstraketat mengingat berbagai pertimbangan.

Menurut Humas Pengadilan Pengadilan Negeri, Kelas 1A Tanjungkarang, Mansur, pertimbangan pengamanan ketat mengacu perkara yang akan disidangkan di PN Tanjungkarang ini termasuk kategori besar.

Saat ini, kata dia, berkas baru pelimpahan tahap kedua, dari penyidik ke (jaksa) dan penuntut KPK menyatakan berkas siap dilimpahkan ke pengadilan.

Walaupun demikian, Mansur mengaku pihaknya belum mendapat pelimpahan berkas perkara tindak pidana suap Zainudin Hasan maupun Agus Bhakti Nugroho dan Anjar Asmara.

“Belum, belum kami terima,” jelasnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close