Internasional

Zona Waktu Korut akan Diubah Jadi Sama seperti Korsel

SEOUL, SENAYANPOST.com – Keseriusan hidup lebih damai antara dua Korea tampak makin terasa pasca pertemuan pemimpin Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) Jumat lalu di wilayah gencatan senjata di perbatasan, Desa Panjunmon.

Terlihat dari rencana yang akan dilakukan Pemimpin Korut Kim Jong-un yang ingin mempercepat jam di negaranya agar sama dengan zona waktu di Korsel. Demikian pernyataan dari kantor kepresidenan Korsel.

Dilansir dari AFP, Minggu (29/4/2018), kedua negara di Semenanjung Korea itu memiliki zona waktu yang berbeda sejak 2015.

Saat itu, secara tiba-tiba, Korut mengubah waktu standarnya menjadi selisih 30 menit lebih lambat dari Korsel.

Korut menggunakan alasan kecintaan pada bangsa sendiri, ketika mengubah zona waktu Korut seperti yang dipakai sebelum penjajahan Jepang pada 1910-1945, sekaligus menandai peringatan 70 tahun bebasnya negara itu dari kolonialisme Jepang.

Kini, Jong-un berjanji akan mengubah zona waktunya kembali sama dengan Korsel. Janji itu dia sampaikan dalam pertemuan bersejarah dengan Presiden Korsel Moon Jae-in.

Juru bicara kepresidenan Korsel Yoon Young-chan mengatakan, dua jam yang menggantung di dinding dengan zona waktu yang berbeda telah menyayat hati Jong-un.

“Karena kami yang mengubah waktu standar, maka kami yang akan mengembalikan waktu itu seperti semula. Anda dapat mengumumkannya secara terbuka,” kata Yoon mengutip ucapan Jong-un.

Yoon memuji keputusan tersebut sebagai langkah simbolis hubungan yang lebih baik antara Korsel dan Korut.

Perubahan zona waktu di Korut sempat mengundang kecaman dari presiden Korsel sebelumnya, Park Geun-hye.

Pertemuan Kim-Trump Perbedaan waktu standar dianggap semakin memperdalam disparitas antara dua Korea yang terpisah oleh Perang Korea 1950-1953.

Kedua negara terus berperang secara teknis kendati perang telah berakhir dengan gencatan senjata dan bukan dengan perjanjian damai.

KTT Antar-Korea pada Jumat (27/4/2018) menghasilkan keputusan bersejarah, di mana Moon dan Kim Jong Un berjanji untuk mencapai berakhirnya perang secara formal. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close