Politik

Yorrys Raweyai: Ada Pihak yang Mengondisikan Papua Bergejolak

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Politikus Partai Golkar yang juga senator asal Papua Yorrys Raweyai menilai gejolak Papua tidak terjadi secara alami, namun ada pihak yang mengondisikan Papua bergejolak.

Ia melihat, dalam setengah hari atau hitungan jam saja kericuhan di asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Surabaya, Jawa Timur, langsung membuat beberapa wilayah di Papua dan Papua Barat bergejolak.

“Ini yang kadang-kadang ini pasti desain, saya gak mau masuk ke situ. Secara umum didesain pasti. Karena begitu cepat sekali,” kata Yorrys, kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (24/8/2019).

Gejolak ini, tambah Yorrys masih terjadi di wilayah Yahukimo, Papua meski di beberapa wilayah seperti, Manokwari, Fakfak dan Sorong telah berangsur kondusif.

Sebelumnya, Badan Intelijen Negara (BIN) menyebut telah mengantongi beberapa kelompok yang ditengarai sebagai aktor dibalik rusuhnya Papua dan Papua Barat.

Senada dengan BIN, Polri juga mencium hal yang sama. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, saat pecahnya kerusuhan di Fakfak, ternyata hanya dimotori oleh sekelompok provokator. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close