Yoghurt Madu Hutan untuk Obati DM Tipe-2

16:45
182

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Penyakit Diabetes Mellitus (DM) tipe 2 disebabkan karena faktor pola makan dan umumnya terjadi pada kondisi obesitas akibat konsumsi makanan dengan kadar indek glikemik tinggi.

Salah satu terapi potensial yang dikembangkan baru-baru ini adalah pemberian probiotik untuk mengembalikan keseimbangan mikrobiota pencernaan dan menurunkan resistensi insulin.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM, Dion Adiriesta Dewananda, Riesna Martianasari, Moh. Hafidz Farichul Amin, Mulya Fitranda dan Hafidh Shofwan Maajid dari Fakultas Peternakan mencoba memanfaatkan lebah madu hutan (Apis dorsata) sebagai terapi probiotik untuk menekan kadar gula dalam darah pada penderita diebetes.

”Produknya kami buat dalam bentuk yoghurt,” kata Dion, salah satu anggota tim peneliti.

Mereka ini memilih lebah madu untuk obat anti diabetes menurut Dion dikarenakan pada perut lebah madu hutan terdapat bakteri Lactobacillus plantarum yang diketahui bersifat antibakterial, antihiperglikemia, antihipertensi dan antistringent.

“Pemanfaatan jenis bakteri dari perut lebah madu ini kemudian digunakan sebagai starter untuk memfermentasi susu agar menjadi yoghurt,” jelasnya.

Uji coba laboratorium dengan memberikan pada pada selompok tikus. Hasilnya diketahui yoghurt yang mengandung prebiotik dari kelah madu tersebut terbukti mampu menurunkan kadar gula darah dan meredakan adiksi gula.

“Terbukti mampu menurunkan kadar gula darah dan meredakan adiksi gula secara signifikan,” paparnya. (JS)

Comments

comments