Internasional

Xi Jinping Terpilih Lagi Jadi Presiden China

BEIJING, SENAYANPOST.com – Xi Jinping resmi terpilih kembali sebagai presiden China melalui pemilihan kongres hari Sabtu (17/3/2018) yang dihadiri 3.000 anggota konggres rakyat nasional.

Mengutip Reuters, Xi terpilih melalui suara mutlak, setelah pekan lalu ada lima orang yang menolak keputusan konggres merevisi aturan jabatan presiden.

Sebelumnya, jabatan presiden China hanya bisa diemban satu orang selama dua periode, kini Xi berpeluang menjadi presiden seumur hidup.

Dalam pertemuan tersebut, konggres China juga sepakat mendukung keputusan Xi menunjuk Wang Qishan sebagai wakil presiden. Hanya satu orang anggota saja yang menolak penunjukan Wang.

Wang yang merupakan orang kepercayaan Xi dan dikenal sebagai “pemadam kebakaran”, merupakan pemain utama dalam pertempuran Xi melawan korupsi, dengan puluhan pejabat senior dipenjara selama masa jabatannya sebagai petarung utama, termasuk kepala keamanan dalam negeri Zhou Yongkang, yang sekarang menjalani hukuman penjara.

Selain secara resmi mengangkat presiden dan wakil presiden, kongres China juga secara resmi menyetujui rencana restrukturisasi pemerintah yang menggabungkan regulator perbankan dan asuransi China, memberikan kekuatan baru kepada badan pembuat kebijakan seperti bank sentral dan menciptakan kementerian baru.

Selanjutnya, pada hari Minggu (18/3/2018), konggres akan mengamandemen konstitusi China terkait jabatan presiden. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close