Wow, YouTuber Graham Stephan Kantongi Rp22 M dalam Setahun

Wow, YouTuber Graham Stephan Kantongi Rp22 M dalam Setahun

JAKARTA, SENAYANPOST.com – YouTuber Graham Stephan membetot perhatian. Maklum, karena dia dapat menghasilkan US$1,6 juta atau setara Rp22 miliar pada 2019, sebuah pencapaian yang spesial dalam hidupnya.

“Dua tahun lalu, saya membuat goal challange goal. Tujuan saya adalah menghasilkan US$1 juta pada tahun 2018,” kata Graham Stephen dilansir CNBC Make It.

Saat ini, 85% pendapatannya bersumber dari dua kanal YouTuber yang utamanya dari pendapatan iklan, dan 15% dari kursus online, yang ia jual melalui platform Teachable, komisi properti, pendapatan sewa dan afiliasi serta sponsor.

Awalnya, Stephan tidak membuat video dengan maksud mendapatkan uang. Dia mendapatkan banyak uang sebagai makelar.

“Tetapi memosting di YouTube tampak seperti hal yang menyenangkan untuk dilakukan dan saya selalu ingin melakukannya. Aku juga merasa seperti, Siapa yang mau mengawasiku? Saya merasa tidak memiliki kepribadian untuk itu,” sebut dia.

Tetapi sekitar tiga tahun yang lalu, ia memutuskan untuk merekam dan mengunggah video pertamanya. Dalam video-nya ia menjabarkan bagaimana menjadi agen properti yang sukses yang direkamnya menggunakan iPhone.

“Itu pengalaman yang menyenangkan. Saya ingat video itu mendapat sembilan atau 10 view, dan berpikir, Ya Tuhan, sembilan orang di suatu tempat telah melihat video ini! Jadi saya mulai membuat lebih banyak video,” ujarnya.

Ketika ia pertama kali mulai mendapatkan uang dari saluran utamanya, Graham Stephan mengaku hanya mendapatkan beberapa sen dollar sehari. Kemudian bertambah menjadi US$1 sehari.

Setelah setahun penuh membuat video, ia mendapatkan US$26.000. Dari sanalah pundi-pundi keuangannya bertambah. Pada tahun 2019, tahun ketiganya di platform berbagi video Google, ia meluncurkan saluran kedua, The Graham Stephan Show, dan berada di jalur untuk menghasilkan lebih dari US$1 juta.

Di antara dua saluran, ia menghasilkan rata-rata US$90.684 per bulan, meskipun yang paling ia hasilkan dalam satu bulan adalah US$165.219, yang ia raih pada bulan Agustus.

Sebagian besar uang YouTube-nya berasal dari iklan, tetapi ia juga mendapat penghasilan dari premium subscriber YouTube.