Internasional

Wouw, Vas Bunga Tua Senilai Rp800 Ribu, Terjual Rp128 Miliar dalam Lelang

LONDON, SENAYANPOST.com – Barang kuno memang memiliki nilai jual yang tinggi. Hal itu juga terjadi pada sebuah vas tua senilai Rp800 ribu di rumah seorang pensiunan, ternyata secara mengejutkan terjual 7 juta poundsterling (Rp128 miliar) dalam sebuah lelang.

Nilai penjualan fantastis vas bunga itu terjadi setelah ditemukan bahwa vas itu adalah karya masterpiece yang khusus dibuat untuk seorang kaisar China.

Karya seni langka dari abad 18 itu sebelumnya dimiliki selama 50 tahun oleh seorang wanita yang tinggal di rumah terpencil di tengah Eropa sebelum akhirnya vas itu dilelang.

Vas itu selama ini hanya tergeletak di antara kucing dan anjing peliharaan wanita pensiun itu.

“Ini satu keajaiban bahwa vas yang sangat mudah pecah itu selamat setengah abad di rumah yang dipenuhi hewan-hewan peliharaan yang tak terhitung jumlahnya,” ungkap kepala Sotheby’s Asia, Nicolas Chow, menjelang proses lelang vas itu.

Vas itu dihiasi dengan desain bunga warna biru dan putih yang dibuat untuk Kaisar Qianlong yang berkuasa di China sejak 1735 hingga 1796.

Karya seni itu dibuat dengan keramik China yang diproduksi dalam jumlah terbatas antara 1742 dan 1743 untuk sang kaisar.

Vas itu dijual 44 poundsterling (Rp800.000) pada 1954, kemudian vas itu dijual lagi pada akhir tahun yang sama senilai 80 poundsterling (Rp1,5 juta).

Dalam video yang diunggah ke saluran resmi rumah lelang itu di YouTube, konsultan seni Johan Bosch van Rosenthal menyebut ini merupakan penemuan benda langka yang tertutup debu.

Van Rosenthal menjelaskan wanita itu mengundangnya untuk membahas nilai benda koleksinya yang sangat mahal. Namun Van Rosenthal tak pernah menyangka menemukan vas langka itu.

“Kami berada di ruangan dengan sejumlah karya seni dari China yang diwarisi beberapa tahun silam. Empat kucingnya berjalan bebas di sekitar benda-benda itu. Dia menunjuk satu vas China di atas lemari, benda yang dia tahu spesial dan bernilai,” papar Van Rosenthal.

“Meski saya tidak spesialis dalam karya seni China, saya tahu bahwa ini bukan vas China biasa. Saya hati-hati melihat bagian bawah vas dan karena debu di permukaan, saya baru melihat simbol di bagian bawah vas,” ungkap dia.

Vas itu diperika pakar Sotheby’s yang mencocokkan simbol itu di arsip rumah tangga kaisar China.

Benda itu dikenal sebagai Harry Garner Reticulated Vase sesuai nama kolektor yang memilikinya sebelum lelang 1954.

Barang langka itu menjadi bagian dari sejumlah artefak China yang ditemukan lagi dan menarik banyak peserta lelang pada dekade itu.

Pada 2010, vas lain dari Kaisar Qianlong terjual USD43 juta setelah ditemukan di satu rumah di London saat dibersihkan.

Meja dan sofa tempat tidur dinasti Ming terjual USD11 juta dan USD8 juta. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close