Dunia

Wilayah di Saudi Ini Terpanas di Dunia, Capai 50 Derajat Cesius

JAKARTA, SENAYANPOST.com –¬† Sejak hari Senin lalu, suhu di wilayah Al Asha, Arab Saudi, tercatat sebagai yang terpanas di dunia. Panas di wilayah yang jadi Situs Warisan Dunia UNESCO ini mencapai 50 derajat Celsius.

Para warga setempat berjuang untuk melepaskan diri dari panasnya suhu. Al Ahsa, yang terletak di provinsi timur Kerajaan Arab Saudi, adalah salah satu oasis pertanian alami terbesar di dunia.

Wilayah ini mengalami gelombang panas hebat tahun ini karena dikelilingi oleh gurun Jafurah. Demikian disampaikan pakar klimatologi di King Faisal University Afnan al-Mulhem kepada Al Arabiya, Rabu (8/7/2020).

Iklimnya membuatnya sempurna untuk memanen kurma dan buah lain, termasuk buah ara dan lemon.

Untuk membantu mengurangi panas di musim panas ini, dua juta pohon palem ditanam di sekitar Al Ahsa, yang menciptakan sabuk hijau perkotaan. Menurut Abdulaziz al-Rashood, langkah itu juga memberi petani lebih banyak lahan yang dapat diakses untuk memanen tanaman musim panas mereka.

Menurut Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), suhu tertinggi yang tercatat di benua Asia berada di Mitribah, Kuwait, pada 21 Juli 2016, yakni 54 derajat Celcius.

Suhu terpanas yang pernah dicatat WMO adalah di Furnace Creek, Death Valley, California, yang mencapai 56,7 derajat Celcius pada 10 Juli 1913.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close