Teknologi

Web Baru KPU untuk Pilkada Diserang Hacker, Padahal Baru Mau Dirilis

JAKARTA, SENAYANPOST.com –  Laman web lindungihakpilihmu.kpu.go.id yang sedianya akan diluncurkan pagi tadi diserang hacker atau peretas.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengungkapkan laman web ini sebenarnya disiapkan oleh KPU untuk mempermudah masyarakat dalam Pilkada Serentak 2020.

“Ketika alamat web ini kami publikasikan, sejak tadi malam web ini sudah mulai diserang,” kata Arief saat launcing Gerakan Klik Serentak (GKS), di gedung KPU RI Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Ia menambahkan intensitas serangan para hacker semakin tinggi hingga pagi ini. Dan menghambat proses launcing yang sudah disiapkan sejak awal.

“Jadi mulai tadi malam sudah di Serang. dan trennya terus meningkat sampai hari ini. Saya sampai dengan tadi pagi masih berharap masih bisa dilakukan dialog langsung dengan daerah, tapi hari ini makin tinggi ya, kuantitas serangannya makin tinggi,” tutur dia.

 

Meski intensitas serangan peretas semakin tinggi, Arief memastikan data dan sistem KPU masih dalam kondisi aman.

“Tidak merusak web kita, tidak merusak aplikasi kita, akan tetapi membuat kerjanya menjadi lambat,” ujarnya.

Ia memaparkan launching web kali ini sebenarnya bertepatan dengan jadwal dimulainya pelaksanaan kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih Pemilihan Serentak 2020.

KPU telah menyiapkan anggota KPU Daerah, Bawaslu dari pusat sampai darah sampai para tokoh untuk menguji sistem baru ini. Namun upaya tersebut tertahan serangan para peretas.

“Kami sudah siapkan sebetulnya, kalau dari Depok itu Mba Ayu Tingting, kemudian dari Kabupaten yang lain sudah ada Pak Hasan Wirayudha ya, dan sudah kita siapkan beberapa tokoh masyarakat sudah kita siapkan,” lanjut Arief.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close