KesehatanLintas DaerahPeristiwaTak Berkategori

Waspadai Hepatitis A, Bupati Ponorogo Larang Warganya Ke Pacitan

PONOROGO, SENAYANPOST.com – Tak ingin warganya kejangkit penyakit Hepatitis A, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menyatakan, dia sudah memberikan peringatan kepada warganya yang ada di perbatasan wilayah dengan Kabupaten Pacitan untuk mewaspadai Hepatitis A.

Peningkatan status kejadian Hepatitis A di Kabupaten Pacitan menjadi kejadian luar biasa (KLB) beberapa waktu lalu yang mendorong Bupati Ponorogo Ipong meningkatkan kewaspadaan warganya.

“Ada (peringatan bagi warga agar tidak ke Pacitan untuk sementara waktu) terutama yang di perbatasan,” ujarnya, Minggu (30/6/2019)

Sementara, bagi seluruh warganya, dia mengklaim telah menginstruksikan untuk aktif menjaga kebersihan lingkungan. Sudah seminggu terakhir ini dia terus melancarkan imbauan kepada masyarakat agar mewaspadai Hepatitis A.

“Kami sudah imbau sejak seminggu yang lalu untuk lebih berhati-hati. Agar warga menjaga kebersihan dan memeriksakan semua anggota keluarga yang mengalami gejala Hepatitis A, apalagi kalau pernah ke Pacitan,” katanya.

Meski demikian, sampai saat ini, Ipong menegaskan belum ada temuan warganya yang menderita Hepatitis A. Dia juga telah mengerahkan tenaga medis untuk terus mengawasi penyebaran penyakit yang menyerang hati itu ke wilayahnya.

Dinas Kesehatan Pacitan mendata, hingga saat ini, penderita Hepatitis A di Kabupaten itu mencapai hampir 1.000 kasus. Jumlah ini terus meningkat dalam waktu kurang dari seminggu setelah beberapa hari sebelumnya terdata sebanyak kurang dari 600 pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Eko Budiono menduga, penyebab utama penyebaran virus Hepatitis A di Pacitan ini karena faktor air. Baik ketersediaan air bersih hingga pola memasak warga di wilayah terdampak.

Dinkes Pacitan telah mendata, sejumlah daerah terdampak Hepatitis A adalah daerah yang kesulitan air bersih, yang seringkali pemakaian sumber airnya dilakukan secara berkelompok. Akibatnya, virus Hepatitis A mudah menjalar.

Beberapa upaya telah dilakukan dinas kesehatan, mulai dari kaporitisasi hingga droping air bersih oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Pacitan dan BPBD Jatim.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close