Lintas Daerah

Waspada Virus Corona, Adisutjipto Aktifkan Pemindai Suhu Tubuh

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Mewaspadai masuknya virus corona yang dibawa penumang dari luar negeri, Bandara Internasional Adisutjipto mengaktifkan peralatan pemindai suhu tubuh atau body thermal scanner yang terpasang di terminal kedatangan internasional.

GM PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, Kamis (23/1/2020) di Yogyakarta mengatakan seluruh penumpang dan kru pesawat yang datang dari luar negeri harus melalui pemindaian suhu tubuh.

“Seluruh penumpang yang datang akan melewati pintu kedatangan internasional untuk dipantau suhu tubuhnya. Kami bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas IV Yogyakarta,” kata Agus Pandu Purnama.

Jika terpantau adanya penumpang tersebut menunjukkan indikasi suhu tubuh yang tinggi maka orang tersebut akan dikarantina dalam ruang isolasi.

Dan jika berpotensi membawa penyakit atau wabah menular katanya, maka penumpang yang bersangkutan kemudian akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta.

Prosedur lain yang harus dijalani adalah maskaai wajib memberikan informasi sebelum tiba di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

“Maskapai perlu menyerahkan dokumen General Declaration untuk menilai apakah terdapat penumpang sakit yang berpotensi menular,” jelasnya.

Seluruh pemeriksaan imbuhnya, dilakukan sesuai dengan prosedur dari KKP, sebagai instansi yang menangani pencegahan penyakit KKMD (Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia).

Hingga kini belum ada satupun penumpang yang terindikasi mengidap virus tersebut.

“Kami akan pastikan seluruh pemeriksaan dan pengawasan terhadap kesehatan penumpang dan crew terlaksana sesuai prosedur yang dilaksanakan oleh KKP, tidak hanya mengenai pencegahan penyebaran virus korona, melainkan juga potensi penyakit lainnya,” tegas. (AS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close