Ekonomi

Waspada! Resesi Ekonomi akan Masuk ke RI Lewat 2 Dua Jalur ini

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Perlambatan ekonomi global atau resesi tengah mengancam negara-negara maju. Namun jangan lengah, bencana ekonomi ini bisa menyerang negara-negara lain juga.

Direktur Riset CORE Indonesia, Piter Abdullah, mengatakan Indonesia akan merasakan dampak resesi yang terjadi di negara maju. Resesi dinilai bisa masuk ke Indonesia melalui dua jalur, yakni perdagangan dan keuangan.

Piter menjelaskan, di jalur perdagangan, resesi di negara maju akan menurunkan permintaan barang-barang ekspor Indonesia, khususnya barang komoditas sumber daya alam yang menjadi andalan ekonomi Indonesia.

Kondisi ini bisa menyebabkan harga barang komoditas turun, ujungnya daya beli masyarakat akan menurun. Penurunan daya beli, secara utama akan menyerang masyarakat yang sumber penghasilannya dari produk-produk komoditas, misalnya petani sawit dan karet.

“Menurunnya daya beli masyarakat menyebabkan melambatnya pertumbuhan konsumsi rumah dan juga pertumbuhan ekonomi,” ujar Piter.

Sedangkan di jalur keuangan, resesi di negara maju nantinya akan direspons oleh bank sentral di negara yang bersangkutan dengan menurunkan suku bunga, serta melonggarkan likuiditas.

Kondisi tersebut akan menyebabkan mengalirnya aliran modal asing ke negara-negara yang menawarkan yield tinggi termasuk ke Indonesia.

“Dengan aliran modal yang deras rupiah akan cenderung stabil menguat,” katanya.

Sementara itu, ia menilai pemerintah harus tetap melakukan antisipasi dengan berbagai upaya. Selain itu memperbaiki kebijakan yang selama ini terlalu rumit terutama bagi investor.

“Pemerintah perlu mengantisipasi perlambatan ekonomi akibat menurunnya harga komoditi. Untuk itu diperlukan kebijakan fiskal dan juga moneter yang lebih kondusif, yang lebih longgar,” tegasnya. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close