Lintas Daerah

Warga Temukan Logam Bertuliskan “Gold 24 K” Bergambar Soekarno

PALEMBANG, SENAYANPOST.comAQ – Dua keping logam berwarna emas bergambar Presiden Soekarno, ditemukan warga Desa Sukarame, Kecamatan Lintang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, saat sedang menggali pondasi rumah, Kamis (7/2/2019).

Kepala Desa Sukarame Rosihan mengatakan, awalnya seorang warga berinisial SA (36) sedang menggali tanah untuk membuat londasi rumah bersama keluarganya.

Saat penggalian dilakukan, cangkul yang digunakannya terkena benda keras. Saat digali lebih dalam, SA menemukan satu batang logam berwarna emas bergambar Soekarno dan sebilah keris berbentuk naga dengan warna yang sama.

Logam diduga emas itu selain bergambar Soekarno, juga tertulis “Gold 24 K” serta tertulis tahun 1818. Belum dipastikan kebenaran apakah benda tersebut memiliki kandungan emas.

SA bersama keluarganya telah menyimpan logam tersebut.

“Saya juga tidak bisa memastikan itu asli apa palsu, karena memang harus dipastikan dulu apa ada kandungan emasnya. Ya sekarang emasnya masih disimpan mereka karena itu kan ditemukan di rumah mereka,” ujarnya.

Peneliti dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan Retno Purwanti mengatakan, pihaknya belum mendapat laporan terkait penemuan logam yang diduga emas bergambar Soekarno tersebut.

Retno mengatakan, temuan logam yang diduga emas itu sulit dibuktikan usianya. Namun, kadar keaslian emas bisa diperiksa.

“Itu bukan barang purbakala, jadi kalau keaslian kadarnya bisa dicek di Pegadaian. Soal tahun berapa pembuatan itu sulit untuk diteliti karena siapapun bisa membuat emas bergambar Soekarno,” kata Retno.

Retno mengatakan, logam berwarna emas bergambar Soekarno di Sumatera Selatan bukan pertama kalinya ditemukan. Sejumlah warga pernah menemukan logam berbentuk emas bergambar Presiden RI pertama tersebut di wilayah lain seperti di Kota Palembang, Kabupaten Musi Banyuasin dan kawasan Air Sugihan.

“Memang sudah sering, ini bukan kejadian yang luar biasa. Kalau emas batangan seperti itu juga perlu diragukan, harus dicek dulu apakah benar kadar emasnya ada atau tidak,” ujarnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close