Lintas Daerah

Warga Surabaya Bisa Tukar Minyak Jelantah dengan Uang

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Mengurangi pencemaran lingkungan khususnya pada limbah minyak, Karang Taruna (Kartar) Kota Surabaya bersama komunitas sahabat bumi menyelenggarakan Bank Jelantah, di Kantor Karang Taruna Gelora 10 November, Jalan Tambaksari, Minggu (1/4/2018).

Ketua Kartar Surabaya M Arif An mengatakan dengan program ini, masyarakat bisa mengumpulkan minyak jelantah yang ada dirumah, untuk disetorkan ke bank jelantah. Sehingga, masyarakat tidak lagi membuang limbah jelantah ke tanah ataupun ke saluran air, yang selama ini menjadi polutan.

“Kami ingin membantu program perbaikan lingkungan, salah satunya daur ulangnya jelantah. Daripada dibuang menjadi polutan, lebih baik sedekahkan ke kami, yang nantinya akan kami tukar dengan rupiah,” katanya.

Untuk minyak jelantah yang disetorkan, kata Arif, per 1,5 liter akan dihargai Rp 2.500. Masyarakat terlihat antusias datang ke pusat pengumpulan minyak jelantah, dengan jumlah jelantah yang bervariatif.

Wulan dari Komunitas Sahabat Bumi menegaskan bahwa tujuan pengumpulan tersebut tidak untuk diolah, disaring ataupun disuling, yang akan dijual kembali.

“Kami tahu bahwa minyak sisa olahan itu bisa berpotensi besar pemicu kanker. Ini yang harus mulai diwaspadai. Kami dengan Komunitas sahabat bumi tidak akan menjernihkan kembali minyak itu. Tapi akan kami kumpulkan lalu diberikan ke pengepul yang mengelola untuk dijadikan Bio Diesel dan Sabun Batangan,” jelasnya.

Edukasi limbah B3 termasuk minyak jelantah ini, kata Wulan, sangat penting untuk masyarakat agar lebih aware dengan dampak negatif pada lingkungan dan kesehatan. Untuk itu, pihaknya akan terus dilakukan secara menyeluruh di wilayah Surabaya. Pihaknya akan menggandeng Karang Taruna Surabaya, untuk menggerakkan masyarakat lebih peduli dengan limbah sampah.

“Ke depan di masing-masing tempat akan kita tingkatkan, mulai dari RT, RW, kelurahan dan kecamatan setempat,” tambahnya.

Tidak harus membawa ke pusat pengumpulan minyak jelantah, Arif juga mengatakan bahwa pihaknya siap datang ke rumah warga untuk mengambil minyak jelantah yang telah dikumpulkan.(AF)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close