Warga Resah, Buaya Raksasa Muncul di Sungai Teluk Dawan Jambi

Warga Resah, Buaya Raksasa Muncul di Sungai Teluk Dawan Jambi

JAMBI, SENAYANPOST.com - Warga Kelurahan Teluk Dawan bertahun-tahun diteror buaya muara berukuran raksasa yang muncul setiap banjir yang jumlahnya diperkirakan mencapai puluhan ekor dengan ukuran mulai dari 3 meter sampai 6 meter. 

Sebuah video penampakan buaya berdurasi 1,57 menit sempat viral di media sosial tahun lalu di sungai Kelurahan Teluk Dawan yang tak jauh dari Kantor Bupati Kabupaten Tanjab Timur.

"Buaya sering muncul saat banjir. Warga resah. Sungai itu seolah kolam buaya," kata Joni Iskandar, warga Kelurahan Teluk Dawan melalui sambungan telepon, Kamis malam (15/1/2021).

Saat banjir melanda di wilayah ini, jumlah rumah yang terendam lebih dari 260 rumah. Mulai dari RT satu dampai dengan lima. Ada ratusan warga yang terdampak banjir dan diteror buaya.

Ukuran buaya begitu besar rata-rata panjangnya lebih dari enam meter. Ada dua jenis yang muncul, yakni buaya muara dan katak.

Buaya ini muncul siang malam. Kewaspadaan warga meningkat pada malam hari. Anak-anak dilarang untuk keluar rumah.

Pemerintah baru memasang spanduk berukuran 120×100 cm di RT 01, terkait bahaya buaya. Sementara titiknya kemunculan buaya ada banyak.

Junaidi warga Teluk Dawan lainnya, juga terus meminta pemerintah secara langsung maupun media sosial, untuk mencari jalan keluar atas teror buaya raksasa tersebut.

Menurut dia, sudah ada korban meninggal dunia akibat banyaknya buaya raksasa di sungai, yang merupakan anak Sungai Batanghari. (Jo)