Hot Isu

Warga Palembang Keluhkan Kabut Asap Karhutla Masuk Rumah

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Warga Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan mengeluhkan kabut asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masuk ke dalam rumah pada malam hari. Mereka khawatir kualitas udara tidak sehat dan membuat nafas terasa sesak membahayakan anak-anak.

“Saya kerap merasa sesak napas dan mencium aroma asap yang kuat saat bangun pagi beberapa terakhir,” ujar salah seorang warga Kecamatan Kemuning, Wahyudin, di Palembang, Selasa (15/10/2019).

Menurutnya, kondisi tersebut tidak terlalu berdampak bagi dirinya yang sudah dewasa, namun bagi anak-anak dengan daya tahan tubuh terbatas akan sangat berbahaya.

Diakuinya, kualitas udara Kota Palembang tiga hari terakhir kerap berada di level tidak sehat hingga berbahaya. Untuk mengetahui level bahaya asap, ia rutin melihat data kualitas udara dari aplikasi BMKG.

Ia juga mengeluhkan material abu yang dibawa asap dari pagi hingga malam hari, ia khawatir material berukuran sangat kecil itu ikut terhirup selama beraktifitas di luar rumah, bahkan beberapa kali material abu menumpuk di beranda rumah.

Terkait meningkatnya intensitas asap kiriman tersebut, Baznas Sumsel dan Dinkes Sumsel telah menyediakan layanan medis darurat bagi warga terdampak kabut asap.

“Baznas membuat ‘Ruang Ramah Asap’ di gedung MAN 1 Palembang, fungsinya untuk menangani warga khususnya siswa yang terdampak asap dan beresiko terkena ISPA,” kata Humas Baznas Sumsel, Hendra.

Sedangkan, Dinkes Sumsel membuat rumah singgah di Kantor BPBD Sumsel lengkap dengan petugas dan peralatan medis. Selain itu, semua puskesmas di Sumsel juga terus disiagakan untuk meminimalisir jatuhnya korban terdampak asap. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close