Lintas Daerah

Warga Miskin Jombang Mengeluh Bantuan Beras Bau Apek

JOMBANG, SENAYANPOST.com – Sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Jombang mengeluh, lantaran beras yang diperoleh kualitasnya buruk.

Sejumlah KPM yang mengeluh berada di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang saat menerima penyaluran bantuan pada Kamis (26/9/2019).

Salah satu KPM di desa tersebut, Alfiyah (45), mengatakan, beras program BPNT yang diterimanya saat ini berbeda dengan beras yang diterimanya sebelumnya. Bulan Agustus lalu, ia menerima beras yang bagus. Namun kali ini, ia menerima beras yang dinilainya buruk dengan kondisi berbau apek dan masih ada kerikil kecil.

“Serang jelek, baunya apek. Yang bulan kemarin bagus, putih. Yang kemarin itu enak berasnya, ini sepertinya gak enak dilihat dari bentuknya,” katanya di salah satu agen E-Warong di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Kamis (26/9/2019).

Meski dinilai berkualitas buruk, Alfiyah tetap menerima beras BPNT tersebut. Ia berharap agar di bulan berikutnya agar kualitas berasnya diperbaiki. “Ya kalau bisa dapat yang bagus, yang baik,” harapnya.

Sementara KPM lainnya, Rokayati (34), di Desa Kademangan juga menjelaskan, bahwa beras yang ia terima berkualitas buruk. Berbeda dari sebelumnya.

“Yang kali ini berasnya terlihat kusam. Ini jelek mas, tidak enak rasanya,” jelasnya.

Program BPNT ini para KPM menerima bantuan berupa uang senilai Rp 110 ribu. Uang tersebut ditransfer dari Kemensos melalui Himpunan Bank Negara (Himbara) dalam bentuk kartu kombo. Kartu tersebut dipergunakan untuk dibelanjakan logistik berupa beras dan telor.

Sementara, pada perjanjian kerjasama antara suplier BPNT dengan E-Warong atau agen penyalur BPNT tentang Program Bantuan Pangan Non Tunai Kabupaten Jombang Nomor: PJU-0001/BPNT/09/2019, pada Pasal I Objek Perjanjian menerangkan, bahwa KPM menerima beras sejumlah 8 kilogram dengan harga 9.250/Kg, dengan kualitas beras Medium I kualitas baik, tidak berbau dan tidak berhama. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close