Lintas Daerah

Warga Lereng Gunung Merapi Diminta Beraktivitas di Luar Radius 3 Km dari Puncak

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta tetap meminta warga lereng Gunung Merapi baik yang ada di Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali maupun Kabupaten Klaten tetap waspada. Meski demikian warga tidak perlu khawatir dan tetap beraktivitas seperti biasanya.

BPPTKG hanya meminta warga beraktivitas di luar  radius 3 km dari puncak.

Dalam laporannya, BPPTKG masih menyematkan status Waspada atau Level II.

Sedangkan  dari pengamatan yang dilakukan selama 6 jam pukul 18.00 hingga 24.00 hari Selasa (9/4/2019), CCTV merekam terjadinya guguran lava dari puncak Merapi hingga mencapai jarak 600 meter yang mengarah ke hulu Sungai Gendol.

Luncuran tidak terjadi pada periode pengamatan enam jam berikutnya, Rabu (10/4/2019) dari pukul 00.00 hingga pukul 06.00 WIB.

Selama 12 jam tersebut, terjadi gempa guguran sebanyak  sembilan kali dengan durasi antara lima detik hingga 60 detik dan satu kali gempa hembusan selama 11 detik.

Dalam pengamatan tersebut, suhu udara di kawasan puncak terdingin 15O dan terhangat 22,2O  Celsius.

Asap kawah sempat teramati pada periode pengamatan pukul 00.00 – 06.00 WIB berwarna putih, tekanan lemah dan intensitas lemah dengan ketinggian asap 20 meter dari puncak. Sedang enam jam sebelumnya asap tidak teramati. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close