Internasional

Warga Kuba Kini Bisa Nikmati Internet dari Ponsel Mereka

HAVANA, SENAYANPOST.com – Warga kuba bergemira. Kini untuk pertama kalinya, mereka berkesempatan untuk dapat mengakses internet dari ponsel mereka. Perusahaan telekomunikasi yang dikelola negara ETECSA menyatakan, mereka bakal meluncurkan layanan 3G mulai Kamis (6/12/2018) besok.

Dilaporkan The Independent Rabu (5/12/2018), Kuba merupakan salah satu negara terakhir di dunia yang masih belum menerapkan internet mobil.

Padahal, Al Jazeera memberitakan sekitar setengah dari total penduduk Kuba yang mencapai 11,2 juta jiwa memiliki ponsel.

Pemerintah sebenarnya sudah membuka fasilitas kafe internet pada 2013 dan fasilitas WiFi di ruang publik dua tahun berselang.

Namun, bagi warga yang menggunakan WiFi seringkali tidak mendapat sinyal bagus, dan pada 2017 dilaporkan mereka lebih suka menikmati internet dari rumah.

Presiden Miguel Diaz-Canel menyambut baik pengumuman tersebut melalui kicauannya di Twitter yang dibuatnya pada Oktober lalu.

“Kami bertekad terus melanjutkan digitalisasi masyarakat,” kata Diaz-Canel yang menambahkan, adanya internet bisa mengembangkan ekonomi.

Meski pemerintah sudah mengatakan bakal membuka layanan 3G, harga paket internet yang ditawarkan membuat masyarakat Kuba melontarkan keluhan.

Sebabnya, harga yang ditawarkan untuk paket data 600 MB adalah USD7, sekitar Rp100.800, sementara paket 4 GB dibanderol USD30, atau Rp431.900.

Harga yang ditawarkan jelas menjadi beban bagi rakyat Kuba yang rata-rata penghasilannya per bulan hanya USD30.

“Bagi saya, kabar tersebut masih membuat saya merasa berada di pedalaman,” ujar warga Havana yang bernama Joaquin Montiel.

Kepada Reuters, pria 58 tahun itu berujar tak bakal mampu membeli ponsel dengan teknologi 3G dengan pekerjaannya sebagai salesman di perusahaan negara.(WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close