Kesehatan

Warga Jambi Diduga Suspect Corona Usai Pulang dari Korsel

JAMBI, SENAYANPOST.com  – Seorang warga Jambi diduga suspect virus corona atau Covid-19 dirawat di Rumah Sakit (RS) Permata Hati Muaro Bungo. Pasien tersebut, telah ditangani dan dirawat di ruang khusus sesuai keluhan.

Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi, dr. Dewi Lestari, sebagai sentra rujukan soal corona sesuai surat dari Kemenkes RI, dikutip dari Jambikita.id, Kamis (27/2/2020).

“Dalam pengawasan saja, kemarin sudah koordinasi dengan Kepala Dinas Bungo dr. Safarudin. Pasien itu, demam saat pulang dari Korea pada awal Februari 2020 lalu. Saat ini, sudah diobati sesuai keluhan dan sudah lewat dari masa inkubasi 14 hari,” kata dr. Dewi Lestari.

Sementara itu, Direktur RS Permata Hati Muaro Bungo, dr. Nurul Mutfi mengatakan, sampai saat ini pasien tersebut belum dapat dipastikan terjangkit atau tidak. Pasien ini, awalnya dicurigai karena demam saat pulang dari Korea pada awal Februari 2020 lalu.

Kecurigaan ini timbul, karena beberapa wilayah di Korea disibukkan dengan wabah virus corona. Pasien yang baru pulang dari Korea tersebut, saat diketahui gejala demam langsung dirawat di RS Permata Hati Muaro Bungo, Jambi.

“Melihat riwayat perjalanan yang dialami oleh pasien tersebut, dilakukan antisipasi pencegahan dan waspada. Saat ini pasien tersebut, sedang dirawat di ruangan khusus dengan keluhan mengalami demam,” katanya.

Pihaknya tetap mewaspadai kondisi pasien tersebut, namun pihak rumah sakit belum dapat memastikan apakah terjangkit corona atau tidak. Karena bisa saja, penyakit yang dialaminya bukan berasal dari penyakit corona. Jadi statusnya sekarang yakni dalam status suspect, atau dicurigai.

“Kami masih harus melakukan observasi. Saat ini, pasien masih tetap diisolasi di ruangan tersendiri. Kami juga sedang menunggu tim dari Jambi, yang akan melakukan pemeriksaan pasien yang diduga terjangkit virus corona ini,” jelasnya.

Hingga saat ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bungo dan Dinkes Provinsi Jambi. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat, untuk tidak khawatir dan takut karena pasien sudah dirawat di ruangan khusus.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close