Nasional

Warga Jabodetabek Diimbau Waspada Potensi Hujan Ekstrem Dan Banjir Hari Ini

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat, untuk waspada dan melakukan antisipasi terkait peringatan dini yang dikeluarkan Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) soal potensi hujan ektrem yang akan terjadi hari ini, Senin (24/2/2020).

Dalam siaran pers BNPB Senin pagi ini, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo, memaparkan peringatan dini yang disampaikan BMKG. BMKG memberi peringatan bahwa sejumlah wilayah di Jabodetabek kemungkinan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, dalam kurun waktu beberapa jam ke depan.

Seperti wilayah Jakarta Pusat yang akan diguyur hujan adalah Cempaka Putih, Gambir, Johar Baru, Kemayoran, Menteng, Sawah Besar, Senen, dan Tanah Abang.

Untuk wilayah Jakarta Barat adalah Grogol Petamburan, Palmerah, Tamansari, dan Tambora. Jakarta Utara, hujan akan terjadi di daerah Pademangan, Penjaringan, dan Tanjung Priok.

Sementara untuk daerah Jakarta Selatan terjadi di Tebet dan sekitarnya. Adapun untuk wilayah Kabupaten Bogor hujan akan terjadi di Cigudeg, Jasinga, Leuwisadeng, Nanggung, Sukajaya.

Lalu di Kota Tangerang, terjadi hujan di Jati Uwung, Karawaci, dan Periuk. Sementara untuk wilayah Kabupaten Tangerang, hujan berpotensi terjadi di Pasar Kemis, Rajeg, dan Sindangjaya.

Agus Wibowo menambahkan, hujan juga dapat meluas ke wilayah-wilayah lain di Jabodetabek. Seperti untuk Kabupaten Tangerang bisa meluas ke Balaraja, Cikupa, Cisoka, Curug, Gunungkaler, Jayanti, Kemiri, Kresek, Kronjo, Mauk, Mekarbaru, Sepatan, Sepatan Timur, Solear, Sukadiri, dan Sukamulya.

Di Kota Tangerang, hujan akan meluas hingga daerah Batuceper, Cibodas, Cipondoh, Pinang dan Tangerang.

Untuk Kota Bekasi, hujan melebar di daerah Bekasi Barat, Medan Satria, dan Pondok Gede. Sementara di wilayah Kabupaten Bekasi hujan dapat meluas hingga ke daerah Tarumajaya dan sekitarnya.

Wilayah Jakarta Barat seperti Cengkareng, Kebon Jeruk, dan Kembangan juga berpotensi diguyur hujan yang meluas. Termasuk daerah Cilincing, Kelapa Gading, dan Koja (Jakarta Utara).

Untuk daerah Jakarta Timur luasan hujan terjadi di Duren Sawit, Kramatjati, dan Makasar. Sementara di wilayah Jakarta Selatan hujan bisa meluas ke Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Pancoran, hingga Setia Budi.

Terakhir di Kabupaten Bogor, tepatnya di daerah Leuwiliang, Pamijahan, Parungpanjang, Rumpin, dan Tenjo.

Untuk itu, Agus Wibowo mengimbau agar masyarakat yang wilayahnya bakal diguyur hujan dan berpotensi banjir, agar melakukan sejumlah langkah antisipatif keselamatan. Seperti mematikan daya listrik, menghindari arus air, mengamankan barang berharga dan dokumen penting, mendahulukan akses penyelamatan bagi anak-anak dan lansia, serta tidak mengemudikan kendaraan bermotor saat banjir.

“Itu sejumlah langkah antisipatif yang harus dilakukan warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi,” ucap Agus Wibowo.

“Informasi dan dukungan penanggulangan bencana dapat menghubungi Call Center BNPB di 021-51010112, dan atau Basarnas di 115, serta BPBD DKI Jakarta 112,” tutupnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close