Lintas Daerah

Warga Banyuwangi Temukan Ribuan Uang Koin Kuno

BANYUWANGI, SENAYANPOST.com – Ribuan koin kuno bertuliskan huruf Cina ditemukan warga Banyuwangi. Penemuan pertama kali oleh Mastur, warga Dusun Sumberan, Desa Macan Putih, Kecamatan Kabat.

Benda itu ditemukan saat dirinya mencangkul di sekitar lahan di belakang rumahnya. “Ini saya temukan dua hari lalu, saat itu saya mau ngambil makanan kambing, tiba-tiba muncul uang logam. Setelah dibongkar ternyata uang logam,” jelas Mastur, Kamis (26/4/2018).

Saat ditemukan, benda yang diduga telah berada sejak jaman Belanda itu berserakan di lahan perkebunan.

“Saya ambil dengan teman saya, kemudian ditaruk di karung, beratnya mungkin sekitar 15 kilo. Kalau yang di saya ini sekitar 222 an. Di saudara saya, Warudin di Dusun Sempu, Desa Gombolirang, Kecamatan Kabat itu ada ribuan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Mastur, beberapa tahun lalu juga ditemukan benda peninggalan. Barang itu berupa guci berukuran besar berisi koin kepeng. Menurut informasi, lokasi ditemukannya uang kuno itu memang sempat menjadi markas VOC.

“Sebelumnya sudah dua kali, berupa uang dan guci besar. Tapi sudah dijual,” pungkasnya.

Mendapat laporan penemuan itu, Kapolsek Kabat, AKP Supriyadi langsung mendatangi lahan yang menjadi lokasi ditemukannya koin tersebut.

“Kita mendapat laporan ada warga yang menemukan benda kuno. Dan saat dicek memang betul, ada koin atau uang kuno bertuliskan huruf China,” kata AKP Supriyadi, Kamis (26/4/2018).

Selain Mastur, kata Supriyadi, benda kepeng berbentuk bulat dan berlubang segi empat di tengahnya itu juga ditemukan Warudin warga Dusun Sempu, Desa Gombolirang.

“Di rumah Mastur ada sekitar 222 kepeng koin kuno dan di rumah Warudin ada sekitar ribuan yang ditemukan di lokasi yang sama,”

Kepeng itu, kemudian diserahkan kepada pihak Polsek Kabat sebagai barang bukti guna dilakukan pemeriksaan. Selanjutnya, koin peninggalan jaman dahulu itu rencananya akan diserahkan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close