Metropolitan

Waktu Masuk Kantor PNS DKI Dibagi 2 Sif

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta akan kembali masuk kantor mulai Senin (8/6/2020).

Aturan ini tertulis dalam Surat Edaran (SE) Sekretaris Daerah DKI Jakarta Nomor 38/SE/2020 tentang aturan kerja ASN di masa PSBB transisi.

Dalam surat edaran tersebut diatur jam kerja PNS atau ASN Pemprov DKI yang akan dibagi dalam dua sif, yakni sif pertama masuk pukul 07.00-15.30 WIB dan sif kedua pukul 09.00 – 17.30 WIB.

“Jam kerja hari Senin sampai Kamis pukul 07.00 sampai pukul 15.30 WIB, istirahat pukul 11.30 sampai pukul 12.30 WIB untuk WFO (sif) 1,” kata Saefullah dalam surat edaran yang diterima pada Sabtu (6/6/2020).

“Jam kerja pukul 09.00 sampai pukul 17.30 WIB, istirahat pukul 13.00 sampai pukul 14.00 WIB untuk WFO (sif) 2,” lanjutnya.

Sementara untuk hari Jumat, diatur jam kerja mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB untuk sif satu dan pukul 09.00 – 18.00 WIB untuk sif dua.

Pengaturan jadwal ini mengacu pada peraturan perkantoran yang hanya diperbolehkan 50 persen dari total pegawai. Pembagian kerjanya meliputi sehari kerja di rumah (50 persen) dan sehari kerja di kantor (50 persen). Untuk pegawai yang bekerja di kantor paling sedikit 7,5 jam dalam sehari.

Meski begitu, ASN yang masuk kelompok rentan masih diminta bekerja dari rumah. Pemprov DKI membuat pengecualian untuk ASN yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid dan ibu hamil.

Kedua kelompok ini tetap diperbolehkan bekerja dari rumah namun tetap harus mengisi daftar kehadiran atau absensi. Mereka akan diminta melaporkan absensi dua kali sehari dengan berfoto menggunakan pakaian dinas dan menyampaikan laporan pekerjaannya kepada atasan.

Laporan absensi ini dilakukan dua kali, yakni pukul 07.30 WIB dan pukul 16.00 WIB.

Namun, ketentuan WFH di atas tidak berlaku bagi ASN yang bekerja melayani langsung masyarakat di bidang penanggulangan kasus virus corona di Jakarta. Instansi-instansi ini antara lain:
Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta
Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta
Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta
Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta
Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta
Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta
Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta
Sekretariat Kota/ Kabupaten
Kecamatan dan Kelurahan

Bagi instansi di bawah Pemprov DKI Jakarta yang tidak memberlakukan WFH diminta menyediakan fasilitas pencegahan virus corona di kantornya masing-masing.

“Surat edaran ini mulai dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2020,” ucap Saefullah.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close