Ekonomi

Wakil Rektor IKOPIN: SDM Koperasi Kurang Kekinian

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Wakil Rektor Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN) Yuanita Indrianti menegaskan, era digital yang harus dijalankan koperasi dan usaha kecil menengah merupakan awal dari perubahan yang sebenarnya.

Karena itu perlu segera ditetapkan arah transformasi koperasi yang kompetible dengan era revolusi industri 4.0.

“Koperasi pada umumnya mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan era digital. Padahal era digital baru awal dari perubahan sebenarnya,” kata Yuanita Indrianti, pada Focus Group Discussion (FGD) bertema Menata Kinerja Koperasi dan UKM Dalam Meraih Peluang Usaha di Era Digital, di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Yuanita juga menegaskan, sumber daya manusia koperasi saat ini cenderung kurang kekinian.

Karena itu Yuanita meminta perlu melakukan pendidikan penanaman jiwa koperasi pada generasi Y dan Z sebagai upaya regenerasi koperasi.

“Selain itu, peningkatan skala usaha koperasi dan UMKM perlu dijadikan prioritas, dilakukan melalui pembentukan jejaring kerjasama usaha antar koperasi, mengoptimalkan peran dan fungsi koperasi sekunder dan induk koperasi termasuk dalam pemanfaatan teknologi informasi yang mutakhir,” katanya.

Yuanita menambahkan, sebagai strategi koperasi di era digital, koperasi harus dapat mengukur kebutuhan dan kapasitas usahanya.

“Di era revolusi industri 4.0 perlu dibuat model percontohan tata kelola usaha koperasi pada bidang usaha prioritas,” pungkas Yuanita. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close