Nasional

Wakil Ketua Umum MUI Prof Yunahar Ilyas Wafat

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kabar duka datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Wakil Ketua Umum MUI Prof Dr KH Yunahar Ilyas Lc, meninggal dunia.

Tokoh asal Minangkabau yang juga menjabat ketua PP Muhammadiyah itu mengembuskan napas terakhir pada Kamis (2/1/2020) pukul 23.47 WIB di RS Sardjito Yogyakarta.

Dikutip dari laman muhammadiyah.or.id, sosok Prof Yunahar dikenal sebagai ulama besar yang sangat tinggi dedikasinya terhadap dakwah Islam.

“Bahkan dalam kondisi kurang sehat pun, beliau (Yunahar) masih aktif berdakwah. Kajian dan karya-karya beliau selalu menginspirasi kami, generasi di bawah beliau,” ungkap Ketua PP Muhammadiyah, dr Agus Taufiqurrahman, Jumat (3/1/2020).

Agus yang selama ini turut mendampingi Yunahar menjelaskan, setelah dirawat di RS Sardjito, ulama berdarah Minangkabau itu sedianya sedang dalam persiapan untuk menjalani operasi cangkok ginjal.

“Namun karena kondisi Prof Yun (sapaan akrab Yunahar) menurun, kemudian dirawat di ICU,” tutur Agus.

Yunahar lahir di Bukittinggi pada 22 September 1956. Dia mulai menjadi anggota Muhammadiyah sejak 1986.

Yunahar menamatkan pendidikan dasarnya di Kota Padang. Dia meraih dua gelar S1 dari Fakultas Ushuluddin Universitas Ibnu Riyadh (1983) dan Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang pada 1984. Jenjang S2 dan S3 dia selesaikan di Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 1996 dan 2004.

Yunahar pernah menjabat ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus (MTDK) PP Muhammadiyah periode 2000-2005. Selanjutnya, pada periode 2005-2010, dia menjabat ketua PP Muhammadiyah.

Selain memimpin MUI, Buya Yunahar sehari-hari bekerja sebagai dosen atau guru besar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sejak 1987.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close