Nasional

Waduh, Mesin Pesawat Jayawijaya Dirgantara Copot Saat akan Mendarat

WAMENA, SENAYANPOST.com – Pesawat Kargo Jayawijaya Dirgantara, PK-JRM, tergelincir keluar landasan pacu saat mendarat di Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (25/5/2018) sekitar pukul 14.08 WIT.

Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Piet Rena mengatakan, pesawat kargo tersebut berangkat dari Bandara Sentani, Jayapura, Papua, pukul 13.35 WIT dengan Pilot Kapten Pius Realino dari Jayapura menuju Wamena dengan muatan logistik berupa beras dan semen sebanyak 4.600 liter.

“Sekitar Pukul 14.08 WIT pada saat pesawat landing dari Runway 15, tiba-tiba engine (mesin) pesawat sebelah kiri lepas dan terjatuh sehingga pesawat oleng dan mendarat di sebelah kiri runway,” jelas Yan Piet.

Sesaat kemudian, 2 (dua) unit pemadam kebakaran dan Anggota Polres Jayawijaya tiba di tempat kejadian perkara (TKP) guna mengamankan lokasi.

Adapun awak pesawat terdiri dari pilot atas nama Kapten Pius Realino B; kru pesawat, Aptoro dan Abdul Salam; teknisi atas nama Kenedi.

Pesawat kini berada di luar Runway sehinga tidak menghalangi aktifitas penerbangan dan tidak terdapat korban jiwa dalam insiden tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal, kepada Antara, membenarkan kecelakaan pesawat saat mendarat itu. Namun, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Dari laporan yang diterima, pesawat dengan pilot Kapten Pius Realino dengan tiga kru mengalami kecelakaan akibat mesin pesawat sebelah kiri terlepas dan jatuh. Pesawat oleng hingga mendarat di sebelah kiri “runway”.

“Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dan aktivitas penerbangan tetap berlangsung normal karena posisi pesawat yang berada di luar ‘runway’,” kata Kombes Kamal. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close