Waduh, Korea Utara Tiba-Tiba Gelar Parade Militer Malam Hari

Waduh, Korea Utara Tiba-Tiba Gelar Parade Militer Malam Hari
Twitter

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Korea Utara (Korut) menggelar parade militer pada Ahad (10/1/2021) malam. Parade militer itu diyakini terkait dengan Kongres Partai Pekerja yang sedang berlangsung, namun belum ada penjelasan resmi.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) mendeteksi adanya pergerakan seperti parade tentara Korut di Alun-Alun Kim Il Sung, Pyongyang.

Namun ada pula dugaan pergerakan tentara dan alat tempur Korut dalam jumlah besar itu merupakan latihan. Laporan ini muncul setelah pemimpin Korut Kim Jong Un terpilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Pekerja, mengambil alih jabatan yang ditinggalkan sang ayah, Kim Jong Il.

Kim Jong Il didapuk sebagai Sekjen Partai Pekerja abadi sejak 2012 atau setahun setelah meninggal dunia. Terpilihnya Kim menduduki posisi puncak Partai Pekerja itu merupakan langkah besar untuk semakin memperkuat dominasinya di Korut.

Kim Jong Un Berterima Kasih Tetap Dipercaya di Masa Sulit Kim sudah memegang kekuasaan hampir absolut di Korut sejak mengambil alih kepemimpinan setelah kematian ayahnya pada 2011.  

Kantor berita pemerintah KCNA melaporkan, pemilihan Kim sebagai sekjen berlangsung pada Ahad (10/1/2021) di acara Kongres Partai Pekerja yang digelar setiap 5 tahun. KCNA melaporkan, dengan menjabat sebagai sekjen, Kim kini menjadi pemimpin revolusi serta pusat pemberi arahan serta sosok pemersatu.