Wacana Film Nominasi Oscar Tayang di Bioskop Drive-In

Wacana Film Nominasi Oscar Tayang di Bioskop Drive-In
Foto: urbanasia.com

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) membuka kemungkinan menayangkan film-film kategori terbaik dan nominasi umum Oscar 2021 di bioskop-bioskop drive-in. Bioskop drive-in disebut-sebut nantinya hanya menayangkan satu film per hari.

Kemungkinan menggelar bioskop drive-in dibuka setelah tim penyelenggara Oscar mengubah aturan pada April 2020 setelah melihat sebagian besar bioskop di AS ditutup akibat pandemi Covid-19.

Kala itu, seperti dilansir CNN Indonesia, mereka menangguhkan sementara syarat penayangan film di bioskop untuk kelayakan lolos seleksi.

Di sisi lain, pembukaan kembali bioskop secara berkala di AS belakangan ini membuat penyelenggara ajang Academy Awards atau Piala Oscar, turut menyoroti beberapa hal.

Pertama, film-film yang awalnya ditujukan untuk perilisan di bioskop namun akhirnya tayang lewat layanan streaming, tersedia di situs streaming khusus anggota Academy Screening Room dalam waktu 60 hari sejak dirilis lewat layanan streaming atau video on-demand (VOD).

Kedua, film-film yang memenuhi persyaratan dan telah tayang di bioskop setidaknya tujuh hari di Los Angeles, New York, San Francisco, Chicago, Miami, dan Atlanta, bisa diputar setidaknya tiga kali sehari, dengan jadwal satu jam tayang berada di antara 18.00-22.00 waktu setempat.

Seperti dilansir The Hollywood Reporter, kini penyelenggara Oscar juga mempertimbangkan bioskop-bioskop drive-in yang telah memenuhi syarat untuk penayangan komersial, bisa menayangkan satu film nominasi Oscar.

Karena pandemi Covid-19, Oscar memperpanjang syarat kelayakan 2020 dari 31 Desember 2020 menjadi 28 Februari 2021. Meski demikian, semua film kategori umum harus sudah didaftarkan selambat-lambatnya pada 15 Januari 2021. (Jo)