Nasional

Vlogger Israel Nas Daily Dilarang Masuk Indonesia, Ini Penjelasan Kemlu

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Arrmantha Nasir mengomentari terkait penolakan permohonan visa yang dilakukan vlogger Nas Daily asal Palestina, Nuseir Yassin.

Menurutnya, pemberian visa terhadap Warga Negara Asing (WNA) harus disesuaikan dengan ketentuan yang ada di Indonesia.

“Aplikasi dan pemberian visa kepada WNA harus sesuai dengan ketentuan hukum dan regulasi yang berlaku di Indonesia,” kata Armantha, Senin, (3/9/2018).

Armantha mengatakan, proses pemberian visa sendiri merupakan hal yang teknis yang rutin dilakukan terhadap WNA dan memiliki persyaratan tertentu yang ditangani oleh Ditjen Imigrasi.

“Apabila visa belum dikeluarkan, biasanya terkait adanya berbagai persyaratan dan ketentuan yang belum dipenuhi dalam pengajuan atau tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tuturnya.

Sebelumnya Kabag Humas Imigrasi, Agung Sampurno mengatakan penolakan visa tersebut merupakan hal yang wajar terjadi dan sudah menjadi kewenangan negara setempat.

“Kewenangan setiap negara. Kalau orang minta permohonan kan bisa iya diterima, bisa tidak diterima‎ permohonannya,” ungkapnya.

Nuseir Yassin mengaku ditolak masuk ke Indonesia. Ia membuat posting-an di Facebook, yang menceritakan perjuangan dirinya untuk bisa mengunjungi Indonesia.

“Dengan hati yang berat saya mengumumkan bahwa saya ditolak dari mengunjungi negara Anda. Saya datang ke Singapura terutama untuk melamar Visa Indonesia. Karena Indonesia adalah satu-satunya negara yang saya ingin menempatkan usaha untuk mengunjungi,” tulis Nuseir Yassin pada 31 Agustus lalu.

Ia mengaku telah mengikuti seluruh proses sesuai dengan panduan yang disarankan, tapi masih ditolak.

“Bagi seorang Palestina-Israel seperti saya, itu tidak mudah. Anda harus melalui proses visa khusus dan banyak sekali berkas untuk diajukan,” katanya.

Ia menduga bahwa penolakan ini dikarenakan paspor Israel miliknya.

“Bahkan jika saya seorang Muslim Palestina. Saya masih diberitahu bahwa saya tidak diizinkan masuk.” paparnya.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close