Internasional

Virus Korona Sudah Renggut 80 Nyawa & Jangkiti 2.744 Orang di China

WUHAN, SENAYANPOST.com – Jumlah korban akibat virus korona di China terus bertambak. Hingga Senin (27/1/2020), sebanyak 80 orang meninggal dan 2.744 positif terjangkit virus korona.

Komisi Kesehatan Nasional menyatakan, korban meninggal terbaru yakni 24 orang seluruhnya berasal dari Provinsi Hubei. Sejauh ini tidak ada laporan kasus kematian terbaru yang berasal dari luar Hubei.

Secara nasional, jumlah korban terbaru yang kini berada dalam perawatan paling banyak juga berasal dari Hubei. Ditemukan 769 kasus baru di mana setengahnya berasal dari Hubei.

Menurut komisi, 461 dari korban yang terinfeksi virus korona dalam kondisi serius.

Otoritas China telah mengarantina Hubei, seluruh operasional transportasi dihentikan dan warga dilarang ke luar kecuali untuk kebutuhan sangat mendesak. Operasi ini belum pernah terjadi sebelumnya yang berdampak pada pergerakan puluhan juta orang.

Penghentian semua aktivitas transportasi dan bisnis terpaksa diambil untuk mencegah penyebaran virus.

Penularan virus yang tidak dikenal sebelumnya ini menyebabkan kekhawatiran global karena kemiripannya dengan patogen sindrom pernapasan akut SARS yang menewaskan ratusan orang di seluruh China daratan dan Hong Kong pada 2002-2003.

Pembatasan perjalanan juga diberlakukan di luar pusat wabah, seperti Provinsi Shandong dan empat kota lainnya, yakni Beijing, Shanghai, Xi’an, dan Tianjin.

Otoritas kota setempat mengumumkan larangan bus jarak jauh masuk atau pergi.

Langkah ini akan memengaruhi perjalanan jutaan orang yang berlibur Tahun Baru Imlek. Pihak berwenang kemungkinan akan memperpanjang pembatasan operasional transportasi demi mengendalikan virus.

Provinsi Guangdong dan Jiangxi serta tiga kota lainnya mengharuskan warga mengenakan masker di tempat umum.

Pusat wabah virus korona bersal dari Wuhan, ibu kota Hubei dan menyebar ke seluruh China dan belasan negara. Bahkan sejauh ini di Amerika Serikat ada belasan penderita yang positif virus korona.

Korona juga sudah menjangkau Eropa, melalui Prancis, serta Australia. Umumnya dibawa oleh orang yang baru berpergian dari China.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close