Lintas Daerah

Virus Corona Merebak, Imigrasi Bengkulu Perpanjang Izin Tinggal Puluhan WNA China

BENGKULU, SENAYANPOST.com – Merebaknya virus corona dan menyusul diterbitkannya Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) RI No. 3 Tahun 2020, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu memperpanjang izin tinggal terbatas bagi puluhan warga negara asing asal China yang berada di Provinsi Bengkulu.

Dalam Peraturan Menkumham yang diterbitkan pada 5 Februari lalu itu mengatur tentang penghentian sementara bebas visa kunjungan, visa dan pemberian izin tinggal terpaksa bagi warga negara Republik Rakyat Tiongkok guna mengantisipasi masuknya corona virus atau Covid-19 yang dibawa warga negara asing.

“Dengan alasan kemanusiaan kita berikan perpanjangan izin ini tinggal bagi WNA ini berlaku hingga 29 Februari mendatang,” kata Kepala Kantor Imigrasi Bengkulu, Samsu Rizal, usai membuka kegiatan sosialisasi Permenkumham No. 3 tahun 2020 di Bengkulu, Selasa (18/2/2020).

Ia mengatakan, sementara ini mungkin ada sekitar 25 sampai 30 orang WNA. Mereka ada yang bekerja dan ada juga yang tujuannya untuk kunjungan. Selain itu, saat ini ada sekitar 400 orang WNA asal China yang bekerja diberbagai perusahaan di Provinsi Bengkulu.

Para pekerja China ini tiba di Bengkulu sebelum Permenkumham ini disahkan. Setengah dari total pekerja asal China itu bekerja di perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bengkulu.

Samsu juga memastikan, sejak Permenkumham Nomor 3 tahun 2020 ini disahkan pada 5 Februari lalu, tidak ada satu pun WNA asal China yang masuk dan keluar Indonesia, khususnya juga masuk dan keluar Provinsi Bengkulu.

“Kita sampaikan kepada pengurus perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing tentang adanya peraturan pencegahan untuk masuk ke wilayah Indonesia sementara waktu. Ini untuk mencegah penularan virus corona dari tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia,” jelas Samsu.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close