Internasional

Virus Corona Merebak, 70.000 Bioskop di China Tutup

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Tak hanya berdampak pada sektor ekonomi dan wisata, penyebaran Virus Corona juga menyebabkan sekitar 70.000 bioskop di China tutup. Sejumlah bioskop besar di seluruh China dipastikan tutup, termasuk Wanda, CGV, Bona, Lumiere Pavilions, Jinyi, Dadi, dan banyak lagi.

Dilansir dari Hollywood Reporter, Kamis (23/1/2020), bahkan studio di China membatalkan rencana mereka merilis film-film besar jelang perayaan Tahun Baru China pada Jumat dan Sabtu ini.

Tetapi, kabarnya sejumlah bioskop masih buka hingga Jumat (24/1/2020) siang ini waktu setempat. Meskipun, diharapkan segera ditutup. Sejumlah film yang rencananya dirilis Sabtu (25/1/2020) bakal ditunda.

Di antaranya adalah sekuel dari Detective Chinatown 3, Lost in Russia, Leap, The Rescue, Bonnie Bears: The Wild Life, hingga film Jackie Chan Vanguard. Akibatnya, sejumlah bioskop harus mengembalikan uang dari pembelian tiket presale yang berjumlah 67,5 juta dollar AS.

Tetapi, Huanxi Media membuat terobosan dengan membuat film Lost in Russia bisa disaksikan secara online dan gratis. Penutupan 70.000 bioskop ini disebut bisa menimbulkan kerugian besar apalagi jelang libur Imlek.

Pasalnya, diperkirakan pemasukan dari penjualan tiket bioskop selama tahun baru Imlek mencapai 1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 13,6 triliun. Sampai saat ini, China masih belum bisa mengonfirmasi dengan pasti dari mana asal virus corona tersebut.

Otoritas Negeri “Panda” hanya menyatakan, virus ini dapat bermutasi dan menyebar. Belum ada vaksin yang dapat digunakan untuk menangani yang terinfeksi. Menurut data terakhir, 570 orang di dunia yang mayoritas berada di China telah terinfeksi, di mana 17 meninggal dunia.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close