Internasional

Virus Corona Masuk Malaysia, KBRI Imbau WNI di Malaysia Tetap Waspada

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Virus corona telah masuk ke Malaysia. Sejak 10 hingga 28 Januari 2020, dari 65 orang yang diduga terjangkit virus corona, satu orang dinyatakan positif.

Menanggapi hal itu, Pejabat Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Kuala Lumpur Agung Cahaya Sumirat memastikan belum ada WNI di Malaysia yang dilaporkan terjangkit virus corona.

“Sejauh ini, belum ada laporan ada WNI yang terjangkit virus corona di Malaysia. Lalu ada sejumlah langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh KBRI Kuala Lumpur terkait hal ini,” kata Agung, Rabu (29/1).

Menurut Agung, pihaknya sudah membuat sejumlah imbauan melalui media sosial agar seluruh WNI tetap waspada dengan virus ini. Salah satunya adalah dengan cara menjaga kesehatan diri dan lingkungan sekitar.

“Dalam berbagai sosialisasi dengan warga, kami juga selalu menyampaikan pesan waspada dan jaga kesehatan,” ucapnya.

Selain itu, kata Agung, pihak KBRI Kuala Lumpur juga masih terus berkoordinasi dengan Pemerintah Malaysia terkait perkembangan virus corona di Negeri Jiran. Koordinasi juga dilakukan dengan pemerintah pusat Indonesia.

“Bersama dengan seluruh perwakilan RI di Malaysia, kami memantau situasi virus corona di Malaysia dan terus memantau kondisi setiap WNI di sini,” pungkasnya.

Melalui keterangan resminya, Menteri Kesehatan Malaysia Dzulkefly Ahmad mengatakan, dari 65 kasus tersebut, baru 1 orang yang dinyatakan terjangkit corona. Yakni, 1 warga negara China yang berkelamin laki-laki berusia 40 tahun.

Kronologinya, pria dari Wuhan tersebut tiba di Johor Baru pada 22 Januari 2020 dengan menggunakan bus dari Singapura. Hari berikutnya, pria tersebut mengalami gejala demam kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Lalu, dirujuk ke RS Sultanah Aminah, Johor Baru, untuk dites lebih lanjut. Pada 25 Januari, pria tersebut dinyatakan positif terjangkit corona.

Untuk mencegah penyebaran virus corona di Malaysia, pemerintah telah memasang thermal scanner di 54 titik masuk Malaysia dari luar negeri. Hingga kini, Malaysia memiliki 64 titik masuk dari luar negeri.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close