Nasional

Viral di Medsos Soal UN Susah, Mendikbud Minta Maaf

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menanggapi banyaknya protes dari siswa peserta Ujian Nasional (UN) yang viral di media sosial (medsos) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta maaf kepada pihak-pihak yang mengalami kesulitan atas kesulitan yang didapat peserta UN.

“Saya meminta maaf kalau ada beberapa kalangan yang merasa mengalami kesulitan yang tidak bisa ditoleransi,” kata Muhajir Effendy, di Jakarta, Minggu (15/4/2018)

Dengan ini, lanjutnya, saya janji bahwa akan kami benahi. Tetapi mohon maklum bahwa UN harus semakin sulit untuk mengurangi ketertinggalan kita.

Muhadjir menjelaskan kualitas pendidikan Indonesia masih lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara di kawan Asia dan Asia Tenggara.

Oleh karena itu, Kemdikbud berusaha untuk memperbarui sistem pendidikan, termasuk di antaranya adalah meningkatkan standar kualitas ujian nasional.

“Karena sesuai hasil Programme for International Student Assessment PISA), kita sangat rendah,” katanya.

Ia menambahkan, ketika PISA rendah, Kemdikbud disalahkan, tapi ketika kami menaikkan standar membuat siswa sulit, kami juga salah.

“Tapi saya rasa kita terus mendorong anak-anak kita semakin berkualitas dengan meningkatkan standar ujian nasional kita,” jelas Muhadjir. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close