Internasional

Utusan Khusus Badan Pengungsi PBB Angelina Jolie Kunjungi Mosul

MOSUL, SENAYAPOST.com – Utusan Khusus Badan Pengungsi PBB, UNHCR, Angelina Jolie mengunjungi Mosul di Irak, pada Minggu (17/6). Demikian dilaporkan situs resmi UNHCR.

Bintang Hollywood itu mengunjungi Mosul Barat, kurang dari setahun setelah kota tersebut terbebas dari kekuasaan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS). Mosul Barat pernah dikuasai ISIS selama tiga tahun.

Ini kelima kalinya Jolie mengunjungi Irak bersama Badan Pengungsi PBB sejak 2001, dan misi ke-61 Jolie sebagai utusan khusus UNHCR.

Dia berjalan di antara bangunan yang hancur akibat ledakan bom dan bertemu dengan keluarga pengungsi untuk membahas upaya menghidupkan kembali Mosul. Jolie menyerukan upaya lanjutan yang bertujuan mencegah konflik di masa depan.

“Saya berharap kita dapat menemukan kekuatan untuk mendapatkan jalan yang lebih baik bersama, bergerak ke era baru untuk mencegah konflik dan mengurangi ketidakstabilan,” katanya.

“Ini adalah kehancuran terburuk yang pernah saya lihat bertahun-tahun bekerja dengan UNHCR,” imbuhnya.

Jolie melakukan konferensi pers di kamp pengungsi Domiz, di wilayah otonomi Kurdistan Irak, dan ini kunjungan ketiganya di kamp tersebut sebagai utusan khusus UNHCR.

Kamp Domiz dibuka pada 2011 dan menjadi rumah bagi 40.000 pengungsi Suriah yang melarikan diri dari perang sipil di negaranya yang berlangsung selama 7 tahun.

Perempuan berusia 43 tahun itu juga menyoroti masalah penurunan tajam pendanaan dibandingkan tahun lalu.

UNHCR hanya menerima 50 persen dari kebutuhan pendanaan untuk membantu pengungsi.

“Banyak anak tidak dapat pergi ke sekolah, dan kita menghambur-hamburkan kesempatan untuk berinvestasi di pengungsian,” ujar Jolie. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close