Nasional

Utusan Buruh Sampaikan 5 Tuntutan di Istana

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Ketua Umum Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia (KRPI) Rieke Diah Pitaloka memimpin ribuan buruh dalam aksi May Day di depan Istana Negara, Jakarta (1/5/2018).

Rike bersama sejumlah perwakilan buruh juga sempat bertemu dengan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri di Istana Negara dan menyampaikan sejumlah tuntutan.

Sebelum bertemu perwakilan pemerintah di istana, Rieke sempat membacakan maklumat yang berisi tuntutan buruh di atas mobil komando.

Tuntutan buruh yang termuat dalam Panca Maklumat Rakyat Pekerja, yakni mewujudkan Indonesia sebagai negara industri berbasis pada riset nasional.

Usai membacakan pancamaklumat itu, Rieke bersama sejumlah perwakilan buruh masuk ke Istana Negara untuk menemui utusan pemerintah. Mereka turut menyampaikan Pancamaklumat Rakyat Pekerja.

Rieke berdialog bersama pemerintah selama sejam. Usai pertemuan, Rieke lantas langsung naik ke mobil komando dan membeberkan hasil pertemuan tersebut.

Rieke mengatakan dirinya bersama perwakilan buruh telah bertemu dengan Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri di Istana. Ia mengatakan pemerintah menyambut baik pancamaklumat tersebut.

“Kita telah menyampaikan pancamaklumat termasuk aturan-aturan yang harus diperbaiki untuk melindungi tenaga kerja di Indonesia,” kata Rieke.

Rieke menambahkan bahwa buruh tak akan berhenti berjuang hingga tuntutannya dipenuhi pemerintah.

“Besok yang masih tinggal di Jakarta, konsolidasi diri langkah apa yang kita lakukan, kawal terus Revisi UU ASN pada tahun 2018,” kata dia.

Setelah itu, Rieke lantas meminta para buruh yang tergabung dalam KRPI untuk meninggalkan tempat aksi dan pulang ke rumahnya masing-masing dengan tertib.

“Silakan kembali, pulang dengan tenang, sampaikan kepada kawan-kawan di daerah lain, kita akan roadshow ke seluruh Indonesia, Insya allah akan berjuang terus,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close