Usut Kebakaran Lapas Biaro Sumbar, 20 Napi Diperiksa

Usut Kebakaran Lapas Biaro Sumbar, 20 Napi Diperiksa

PADANG, SENAYANPOST.com – Polisi memeriksa 20 narapidana terkait kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas II Bukittinggi di Biaro, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pemeriksaan dilakukan untuk mencari tahu penyebab kebakaran tersebut.

“Kita belum bisa masuk ke dalam, karena menunggu tim identifikasi dulu. Tapi untuk sementara, saksi-saksi dari narapidana 15 orang dari kamar yang 4 dan kamar 3 sebanyak 5 orang sudah kita tanya satu-satu,” kata Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana kepada wartawan saat meninjau lokasi, Senin (21/1/2019), seperti dikutip dari detikcom.

Menurut Arly, pemeriksaan saksi-saksi dilakukan untuk mengetahui kronologi kejadian dan asal-muasal api. Selanjutnya tim identifikasi akan melakukan olah tempat kejadian perkara.

“Itu sebelum nanti identifikasi bergerak masuk. Sampai saat ini kita belum boleh masuk untuk identifikasi. Karena masih banyak barang, kita menunggu,” katanya.

Lapas Kelas II Bukittinggi di Biaro, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, terbakar Senin (21/1/2019) siang. Dugaan sementara, kobaran api terjadi akibat hubungan pendek arus listrik di salah satu ruang tahanan, yakni di Blok D, yang sebagian besar diisi narapidana kasus narkoba.

Kebakaran menghanguskan empat dari delapan ruang tahanan. Pihak lapas memastikan tidak ada napi yang menjadi korban kebakaran dan tidak satu pun napi yang melarikan diri