Nasional

Usai Pemilu, Jokowi Diharapkan Fokus Agenda Reforma Agraria

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua Umum Serikat Petani Indonesia, Henry Saragih mengatakan Presiden Joko Widodo diharapkan kembali fokus pada agenda reforma agraria dan kedaulatan pangan usai penetapan hasil rekapitulasi Pemilihan Presiden 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Henry dalam siaran pers yang diterima Selasa (21/5/2019), mengapresiasi kinerja penyelenggara pemilu atas terselenggaranya pesta demokrasi tersebut.

Di tengah ajakan mobilisasi massa menolak hasil pemilu pada tanggal 22 Mei, Henry menambahkan bahwa Undang-Undang Pemilu telah disusun sedemikian rupa untuk menjamin suara rakyat dan hak politik warga negara tidak dicederai mekanisme penyelesaian sengketa pemilu.

Henry mengajak masyarakat dan para petani untuk tidak mudah terprovokasi di tengah dinamika politik yang terjadi.

“Kita serahkan semua kepada lembaga penyelenggara dan penegak hukum. Kita kembali fokus pada agenda perjuangan petani untuk mewujudkan reforma agraria dan kedaulatan pangan. Kita tidak boleh terjebak dalam agenda politik sektarian atau kelompok tertentu, Kita mesti kembali kepada agenda besar cita-cita para pendiri bangsa untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur,” katanya, seperti dikutip Antara.

Serikat Petani Indonesia merupakan organisasi massa tani di Indonesia, yang mengusung agenda perjuangan reforma agraria dan kedaulatan pangan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close