Nasional

Usai Masa Penugasan, Polri Tarik 2 Penyidik dari KPK

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengungkapkan pihaknya menarik dua penyidiknya yang sebelumnya ditugaskan di KPK. Kedua penyidik itu dikatakan telah usai masa penugasannya.

“Jadi penarikan ini pun juga didasari pada batas waktu yang memang penyidiknya telah usai melaksanakan tugas di KPK, dan ada yang memang dibutuhkan oleh Polri sebagai penyidik di kepolisian,” kata Asep Adi Saputra, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020).

Selain itu, Asep menambahkan ada satu lagi penyidik yang rencananya juga akan ditarik dari KPK karena alasan yang sama. Kompol Rosa, penyidik yang dimaksud, akan habis masa tugasnya 23 September mendatang.

“Atas nama Kompol Rosa, beliau sebagai penyidik KPK akan selesai masa tugasnya pada tgl 23 September 2020. Jadi secara administrasi masih terus dilakukan pendalaman terhadap masa tugas yang bersangkutan,” ujar Asep.

Asep mengatakan penarikan Kompol Rosa masih dalam pengkajian dang pengkoordinasian. Namun Asep tak menjelaskan lebih lanjut seperti apa aspek-aspek kajian itu.

“Masih dalam pengkajian dan dikoordinasikan, yang dua sudah positif dikembalikan,” ucapnya.

Sebelumnya KPK mengatakan ada empat pegawai KPK yang akan ditarik kembali ke instansi asalnya. Dua di antaranya berasal dari Kejaksaan Agung.

“Ada dua orang dari Kejaksaan, dan ada dua yang memang sudah habis masa waktunya, jadi ada empat,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (27/1).

Ali menampik jika dikatakan penarikan kembali pegawai KPK ke institusi asalnya berkaitan dengan operasi tangkap tangan (OTT) KPK yang menjerat eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Menurutnya, penarikan pegawai KPK itu berkaitan dengan kebutuhan di institusi asalnya.

“Tentu yang bisa menarik atau mengundang kembali yang dipekerjakan itu tentunya organisasi induk, kalau memang membutuhkan untuk teman-teman agar kembali ke sana (organisasi asal), tentu kita tak bisa menolak hal itu,” ucap Ali. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close