Internasional

Usai Bertemu Trump, Kim Jong-un Kunjungi China

BEIJING, SENAYANPOST.com – Sepekan usia bertemu dengan Presiden AS Donald Trump, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berkunjung ke China selama dua hari, mulai 19 hingga 20 Juni 2018.

Kantor berita pemerintah Tiongkok Xinhua melaporkan, Jong-un telah mendarat di Beijing. Konvoi kendaraannya telah melintas di Chang’an Avenue, Alun-Alun Tiananmen, dan tiba di the Great Hall of the People pada pagi menjelang siang waktu setempat.

Ini merupakan perjalan luar negeri pertama bagi Jong-un, sepekan usai dirinya melaksanakan pertemuan bersejarah dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura pada 12 Juni 2018.

Kunjungan itu juga menandai lawatan ketiga Kim Jong-un ke Negeri Tirai Bambu, yang sebelumnya sempat terlaksana pada Maret 2018 dan Mei 2018.

Sejumlah pihak memprediksi bahwa pada kunjungan bulan ini, Jong-un akan bertemu dengan Presiden Xi Jinping guna membahas hasil pertemuannya dengan Trump pekan lalu. Demikian seperti dikutip dari CNN, Selasa (19/6/2018).

Kendati demikian, Xinhua tak mengelaborasi lebih detail pejabat yang ikut bersama dengan Jong-un dalam kunjungannya ke China.

Kunjungan Jong-un ke China juga dilakukan ketika perang perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok semakin intensif.

Analis menilai, situasi itu memberikan Jong-un posisi tawar yang lebih menguntungkan, tepat di antara AS – China. Demikian seperti dikutip dari The New York Times. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close