Hukum

Urus Lapor Kehilangan Online, Polres Banyuwangi Luncurkan E-Loss

BANYUWANGI, SENAYANPOST.com – Lapor kehilangan untuk mendapatkan Surat Keterangan Tanda Lapor Kehilangan (SKTLK) di kepolisian saat ini lebih mudah dan tak perlu ribet antre. Karena, Polres Banyuwangi kini telah memiliki aplikasi E-Loss.

Bagi warga Banyuwangi yang ingin menggunakannya, cukup mengunduh aplikasinya melalui ponsel berbasis android.

“Aplikasi E-Loss ini untuk mempermudah masyarakat dan memangkas birokrasi sehingga masyarakat yang membutuhkan surat kehilangan dapat mengurusnya dengan mudah. Enggak perlu lama antre,” kata Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman, Sabtu (24/3/2018).

Selanjutnya, kata Donny, aplikasi tersebut diinstal akan muncul berbagai menu untuk pengisian data. “Seperti data pribadi, barang yang hilang, tempat, dan waktu kehilangan terjadi,” ungkapnya.

Setelah itu, petugas akan melakukan verifikasi dan mencetak surat kehilangan. Kemudian, surat dapat diambil di Polres atau Polsek terdekat.

“Selama masih di wilayah Banyuwangi, di polsek mana saja bisa untuk verifikasi dan mencetak surat kehilangan. Ini praktis dan mudah. Jadi enggak harus laporan ke polsek wilayah tempat kehilangan,” ujar Donny.

Menurut Kapolres, pembuatan E-Loss diprakarsai langsung oleh tim IT dari Polres Banyuwangi. “Jadi ada timnya, dan ini tidak butuh waktu lama, hanya sekitar satu bulan. Cuma idenya saja yang lama,” pungkas Donny. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close