Uruguay Kalahkan Kolombia 3-0, Cavani dan Suarez Jadi Pahlawan

Uruguay Kalahkan Kolombia 3-0, Cavani dan Suarez Jadi Pahlawan
Uruguay Kalahkan Kolombia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Tim nasional (Timnas) Uruguay melakoni matchday ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar zona Amerika Selatan dengan bertandang ke markas Kolombia di Estadio Metropolitano Roberto Melendez, pada Sabtu (14/11/2020) dini hari WIB. Tampil menekan, Uruguay pun berhasil menyudahi laga kontra Kolombia dengan kemenangan 3-0.

Berkat kemenangan tersebut, Uruguay pun berhasil memperbaiki posisi mereka di klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar zona Amerika Selatan. Kini La Celeste –julukan Uruguay– menempati posisi keempat dengan raihan 6 poin dari tiga laga yang sudah mereka mainkan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Uruguay yang bertindak sebagai tim tamu, mengawali laga melawan Kolombia dengan langsung tampil menekan. Alhasil, Uruguay berhasil unggul cepat atas Kolombia tepatnya di menit ke-5 melalui sontekan dari Edinson Cavani.

Tersentak dengan gol cepat Uruguay, Kolombia pun merensposnya dengan tampil menyerang. Hal tersebut pun membuat Kolombia berhasil mendapatkan beberapa kans untuk bisa menyamakan kedudukan. Meski sejumlah kans Kolombia itu masih gagal jadi gol.

Pada saat pertandingan berjalan 24 menit, Uruguay hampir saja menambah keunggulan mereka jadi 2-0 atas Kolombia via aksi dari Rodrigo Bentacur. Namun sepakan spekulasi pemain Juventus itu masih belum tepat sasaran.

Berjarak 8 menit, giliran Kolombia yang mendapatkan kesempatan untuk membuat kedudukan kembali berimbang. Namun kans Kolombia yang hadir dari upaya tembakan James Rodriguez masih berhasil diamankan oleh kiper Uruguay, yakni Martin Campana.

Babak pertama hanya menyisahkan 5 menit lagi, Uruguay kembali mendapatkan kans untuk mencetak gol keduanya via sepakan bebas Luis Suarez. Namun tembakan Suarez masih berhasil dihadang oleh salah satu bek Kolombia, dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Uruguay.

Di pengujung babak pertama, Uruguay kembali gagal memaksimalkan kans yang mereka dapatkan untuk menambah keunggulan atas Kolombia. Kini giliran tembakan Cavani yang masih melebar. Hingga 45 menit pertama usai, kedudukan 1-0 untuk keunggulan Uruguay atas Kolombia masih menghiasi papan skor laga ini.

Babak Kedua

Kolombia yang tengah dalam kondisi tertinggal, memulai babak kedua laga ini dengan langsung tampil menekan pertahanan Uruguay. Alhasil, Kolombia hampir saja menyamakan kedudukan jika upaya dari Duvan Zapata berhasil membuahkan hasil positif.

Ketika babak kedua baru berjalan 11 menit, Uruguay mendapatkan hadiah penalti usai Bentacur dilanggar oleh Jeison Murillo. Suarez yang maju sebagai eksekutor penalti, berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Kolombia 0-2 Uruguay.

Berhasil unggul dua gol membuat Uruguay semakin nyaman menjalani laga melawan Kolombia. Bahkan Uruguay hampir saja mencetak gol ketiga mereka di laga ini, jika tembakan Suarez usai meneruskan umpan dari Cavani tidak ditepis oleh David Ospina.

Babak kedua berjalan 67 menit, Kolombia sempat mendapatkan kesempatan untuk bisa memperkecil ketertinggalan mereka. Namun kesempatan yang didapatkan oleh Kolombia via aksi Luis Diaz melalui tembakan spekulasinya masih belum tepat sasaran.

Berjarak 6 menit, Uruguay berhasil menambah keunggulan mereka jadi 3-0 atas Kolombia melalui gol Darwin Nandez. Ya, Nandez yang melihat celah di pertahanan Kolombia lalu melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola hasil sepakan Nandez pun meluncur deras ke dalam gawang Ospina.

Memasuki 10 menit jelang laga usai, Kolombia mengklaim kepada wasit untuk dapat hadiah penalti setelah salah satu pemain Uruguay menyentuh bola di dalam kotak terlarang. Namun setelah mengecek VAR, wasit menolak klaim sepakan penalti dari Kolombia.

Di pengujung pertandingan, sebuah kerugian kembali didapatkan Kolombia setelah Yerry Mina mendapatkan kartu merah. Hukuman tersebut didapatkan oleh Mina usai kedapatan menyikut salah satu pemain Uruguay.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Kubu tuan rumah, Kolombia, harus puas menyelesaikan laga kontra tamunya, Uruguay, dengan kekalahan 0-3.

Susunan Pemain

Kolombia (4-3-3): David Ospina; Juan Cuadrado, Yerry Mina, Jeison Murillo, Jonathan Mojica; Jefferson Lerma, Wilson Barrios (Luis Diaz 32’), Mateus Uribe (Edwin Cardona 65’); James Rodriguez, Duvan Zapata, Luis Muriel (Alfredo Morelos 60’).

Pelatih: Carlos Queiroz

Uruguay (4-4-2): Martin Campana, Martin Caceres, Diego Godin, Jose Gimenez, Matias Vina; Nahitan Nandez, Lucas Torreira, Rodrigo Bentacur (Gabriel Neves 90’), Nicolas de la Cruz (Darwin Nunez 46’); Luis Suarez (Jonathan Rodriguez 70’), Edinson Cavani (Mauro Arambarri 78’).

Pelatih: Oscar Tabarez