Hot Isu

Ups, Menteri ATR Ralat Lokasi Ibu Kota Negara Baru

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Setelah kemarin keceplosan membocorkan provinsi lokasi ibu kota negara baru di Kalimantan Timur (Kaltim), Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil meralat ucapannya.

Sofyan berkilah pemerintah masih terus melakukan dua kajian terhadap sejumlah lokasi di Kalimantan sebelum nantinya ditetapkan menjadi ibu kota baru.

Kajian tersebut dilakukan oleh Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). “Itu kajian yang sedang dikerjakan Bappenas, saya enggak tahu permasalahan teknis,” ujarnya saat ditemui di Kantor BPK, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Menurut Sofyan, dalam kajian tersebut ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan. Salah satunya adalah faktor bencana, sebab ibu kota baru ini harus bebas dari bencana.

 

“Ya banyak faktor, banyak faktor (syarat ibu kota baru),” ucapnya.

Menurut Sofyan, setelah studi rampung barulah Presiden Joko Widodo akan mengumumkan lokasi titik ibu kota baru. Ada beberapa alternatif yang menjadi pilihan ibu kota baru seperti Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur hingga Kalimantan Selatan.

“Enggak enggak masih ada dua studi lagi kata presiden. Dan itu dikerjakan oleh Bappenas saya enggak ikut rapat. Saya enggak tahu seperti apa. Setelah studi itu lengkap baru Presiden akan umumkan,” jelasnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close