Lintas Daerah

Untuk Merobohkan Sapi Sumbangan Jokowi, Perlu 30 Orang

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Setidaknya butuh 30 orang warga Dusun Ngetal Margoagung, Seyegan, Sleman, untuk merobohkan sapi seberat 900 Kg sumbangan Presiden Jokowi yang akan dipotong untuk kurban.

Menurut Takmir Masjid Nurul Huda, Ngetal, Margoagung, Ludiman, Rabu (22/08/2018), pihaknya sempat tiga kali gagal merobohkan sapi itu.

“Tadi sempat tiga kali gagal (merobohkan sapi). Kesulitannya sapinya gerak terus,” ujar Ludiman.

Warga juga harus mengunakan bambu untuk membantu merobohkan sapi. “Karena besar dan kuat, tadi kira-kira ada 30 orang yang ikut merobohkan. Tadi juga tambangnya harus diikat di pohon supaya lebih kuat,” katanya.

Usai disebelih, warga bersama-sama memotong daging. Setelah di potong-potong, daging sapi sumbangan Jokowi ini dibagikan ke tiga dusun yaitu, Ngetal, Beteng dan Karang dengan total 753 Kepala Keluarga (KK).

Dusun Ngetal juga memotong 2 ekor sapi selain sumbangan dari Jokowi. Selain sapi, juga ada 3 ekor kambing yang juga dipotong. “Kita prioritaskan dahulu untuk warga miskin,” kata Ludiman.

Petugas dari Dinas Pertanian, Pangan, dan Peternakan (DP3) Kabupaten Sleman pun tampak mendampingi proses penyembelihan hewan kurban.

Sementara itu, Hartanto, Ketua RT 09, menuturkan, warga menyambut gembira mendapat sumbangan sapi dari Presiden Joko Widodo di hari raya Idul Adha.

“Syukur alhamdulillah, ini yang pertama kalinya mendapat sumbangan sapi dari Presiden Joko Widodo. Saya lihat ini yang terbesar, dulu-dulu belum ada yang sebesar ini,” pungkasnya. Setelah sapi pertama berhasil diamankan, sapi lainnya justru juga mengamuk.(JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close