Tak Berkategori

Ungkap Kecelakaan Kapal di Danau Toba, Pemerintah Turunkan Tim Ad Hoc

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, pemerintah menurunkan tim ad hoc yang mencakup unsur Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Basarnas untuk menyelidiki kecelakaan kapal di Danau Toba, Sumatera Utara.

“Tim ad hoc itu akan bertugas selama dua minggu hingga satu bulan untuk bisa melakukan penyeledikan lebih mendalam dan masukan yang diperlukan agar kejadian serupa tak terulang lagi,” kata Budi Karya Sumadi, di Pos Pemantau Arus Mudik-Balik Kementerian Perhubungan Jakarta, Sabtu (23/6/2018).

Anggota tim ad hoc tersebut, lanjutnya, saat ini sudah berada di lokasi kejadian untuk menyelidiki penyebab tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba dan menyampaikan laporan sementara mengenai kejadian tersebut.

“Tim ad hoc sementara melaporkan adanya beberapa pelanggaran yang ikut memicu terjadinya kecelakaan yang menelan korban jiwa tersebut,” katanya.

Tim ad hoc nantinya juga akan meneliti standar operasional pelayaran kapal serta pelabuhan keberangkatan dan ketibaan untuk mengetahui kesesuaiannya dengan ketentuan berlaku.

Ia mengatakan selanjutnya tim akan menyampaikan rekomendasi menyeluruh yang juga mencakup masalah perawatan kapal yang melayani pelayaran. “Usulan mengenai teknis kapal juga bisa jadikan masukan dari tim ad hoc kepada kita,” ia menambahkan.

Kementerian Perhubungan nantinya akan mengeluarkan sertifikasi kelaikan jalan kapal yang beroperasi di Danau Toba untuk memastikan kondisi kapal aman dikendarai dan ditumpangi. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close