Unggah Foto Lama Andika Perkasa, Fadli: Kini Jadi Panglima TNI

Unggah Foto Lama Andika Perkasa, Fadli: Kini Jadi Panglima TNI

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Andika Perkasa bila tak ada hambatan tinggal menunggu waktu akan dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI. Andika mulus melewati tahapan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di DPR.

Terkait itu, Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Fadli Zon mengunggah foto lawas bareng Andika Perkasa. Menurut Fadli, foto bareng itu terjadi pada 1997.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu mengunggah dua foto lawas. Ia menyebut saat itu Andika masih perwira pertama atau pama TNI berpangkat kapten. Salah satu foto yang di-posting yaitu Andika dengan mengenakan baret merah. Fadli pun mengucapkan selamat ke Andika yang akan segera menjabat Panglima TNI.

"Momen dg Kapten Andika Perkasa thn 1997. Selamat kini menjadi Panglima TNI," tulis Fadli di akun Twitternya, @fadlizon dikutip pada Senin, 8 November 2021.

Andika dalam karir militernya memang mengawali dari baret merah pasukan elite tempur TNI AD Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Pada 1997, ia berpangkat kapten dengan pernah menjabat sebagai Komandan Resimen 62, Yon 21 Grup 2/Para Komando, Kopassus.

Baca Juga

Adapun Andika dipilih Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang segera memasuki masa pensiun. Saat ini, Andika masih menjabat KSAD.

Eks Pangkostrad itu sudah menjalani fit and proper test di Komisi I DPR pada Sabtu, 6 November 2021. Selanjutnya, perwakilan Komisi I DPR juga sudah melakukan verifikasi faktual dengan mengunjungi kediaman Andika pada Minggu, 7 November 2021.

Selanjutnya, DPR pada Senin, 8 November 2021, menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan hasil fit and proper test terhadap Andika Komisi I DPR. Bila DPR sudah memberikan restu maka tinggal Jokowi yang akan melantik Andika sebagai Panglima TNI ke-21. (VIVA)