Lintas Daerah

Underpass Kentungan Yogyakarta Ambles, Mobil Wisatawan Australia Terjun ke Tebing

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Dua kendaraan terperosok masuk ke tebing pada proyek pembangunan Underpaas Kentungan, Desa Condhongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Kecelakaan kerja fly over Kentungan dari arah barat ke timur sedang antri macet dan disisi kanan ada penggalian ternyata ambrol tidak bisa menahan. Korban 2 unit mobil.. Jeep dan truk..,” tulis pemilik akun media sosial Facebook, Neo Buburneo, Selasa (23/7/2019), yang dikutip dari Tribunnnews.

Pemilik akun juga menuliskan, ada dua kendaraan yang terperosok ke tebing proyek Underpass Kentungan tersebut.

Satu di antara yang terperosok yakni jip Landrover yang dikendarai wisatawan asing asal Australia. Kendaraan satunya lagi sebuah truk.

“Jeep landrover dari wisatawan asing Australia selamat dan sopir truk juga selamat..Hati hati melintasi daerah pembangunan disana dab..nuwun,” tulisnya.

Pemilik akun Antox Zatoe Hati, juga memberikan komentar bahwa sebenarnya sudah ada rambu peringatan di sekitar perempatan Monjali (Monumen Jogja Kembali).

Isi peringatan itu bahwa truk atau bus serta kendaraan besar tidak diperbolehkan melintasi area pembangunan Underpass Kentungan.

“Terlalu mepet ke kanan po yow, ketoke neng prapatan monjali wes dipasang rambu “truk/bus dilarang melintas mengetan (Sepertinya di perempatan Monjali sudah dipasang rambu truk/bus dilarang melintas ke timur,red),” tulisnya.

Pantauan di sekitar lokasi, dampak peristiwa tersebut, arus lalu lintas untuk sementara ditutup.

Informasi yang dihimpun dari seorang saksi, Budi (30), yang berada di salah satu gedung mengatakan, ia sempat mendengarkan suara yang sangat keras.

“Begitu keluar saya lihat kepulan asap dan kendaraannya sudah di bawah tanah,” jelas pria berkacamata tersebut.

Budi pun sempat menunjukkan video saat kejadian. Terlihat bahwa selain truk tersebut, sebuah mobil berjenis Land Cruiser juga ikut terperosok ke dalam.

Saat ini pihak kepolisian sudah mendatangi lokasi kejadian. Ratusan balok kayu yang diangkut pun tampak diletakkan di permukaan tanah.

Akibat musibah ini, proyek underpass Kentungan sisi barat dihentikan sementara. Tujuannya guna penyelidikan peristiwa truk dan Land Rover yang terperosok ke dalam lubang proyek.

“Untuk aktivitas sementara off,” ujar Kasat Lantas Polres Sleman AKP Faisal Pratama saat ditemui di lokasi.

Faisal menuturkan, penyelidikan dilakukan guna mengetahui penyeban dari peristiwa tersebut.

“Masih dalam penyelidikan. Tidak hanya Lantas tapi juga dari Reskrim,” tegasnya.

Saat dikonfirmasi penyebab terperosoknya dua kendaraan karena sisi lubang proyek yang ambles, pihaknya belum bisa menyimpulkan.

Faisal menuturkan, jalan ring road di sisi kanan dan kiri proyek underpass Kentungan memang boleh dilewati. Tetapi, hanya untuk kendaraan kapasitas kecil.

Sedangkan bus besar dan truk memang dilarang untuk melintas. Bus yang boleh melintas hanya Trans Jogja.

“Mungkin truk tidak tahu atau memaksakan diri melintas. Di beberapa lokasi seperti perempatan juga sudah pengumumannya,” jelasnya.

Dari pengamatan Kompas.com di lokasi, saat ini sedang dilakukan proses evakuasi terhadap truk dan mobil yang terperosok kedalam lubang galian proyek underpass Kentungan, Sleman.

Adapun mobil Land Rover yang terperosok jatuh ke dalam lubang galian underpass dikendarai oleh warga Australia dan keluarganya.

Kondisi pengemudi mengalami luka ringan. “Yang di mobil Land Rover itu warga Australia,” ujar AKP Faisal Pratama.

Faisal menuturkan, mobil Land Rover tersebut ditumpangi satu keluarga. Dia menyebutkan, ada dua orang dewasa dan satu anak-anak.

Selain pengemudi Land Rover, pengemudi truk yang terperosok juga mengalami luka ringan. “Kategori lukanya, luka ringan ,” kata Faisal.

Menurut Faisal, korban yang berasal dari Australia ini masih mengalami trauma akibat kejadian tersebut. Mereka bersama pengemudi truk masih berada di kantor proyek underpass Kentungan. Kantor ini berada tepat di sisi utara proyek underpass.

Dari rekaman kamera pengawas (CCTV) yang beredar, truk bermuatan kayu dan mobil Land Rover bersama kedendaraan lainya dalam posisi berhenti.

Tiba-tiba truk terlihat terperosok masuk ke dalam galian proyek underpass yang tepat berada di sisi Selatan. Tak berselang lama, mobil Land Rover yang berada di depannya mulai miring ke Selatan.

Seorang perempuan lantas terlihat keluar dari mobil Land Rover lalu membuka pintu tengah dan mengambil anak kecil. Ia lalu mengendong anak kecil tersebut dan menyelamatkan diri.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close