Lintas Daerah

UN Berbasis Komputer, Pemkot Bandung Bagikan Ribuan Laptop

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), baik negeri, swasta, maupun paket B di kota Bandung pada tahun 2018 ini sudah 100 persen berbasis komputer.

Dalam rangka mendukung pemenuhan target 100 persen tersebut, Pemerintah Kota Bandung membagikan sebanyak 5.040 unit laptop dan 200 server bagi 245 SMP yang dapat dipergunakan oleh 37.186 siswa peserta ujian jenjang SMP/Mts di Kota Bandung.

Pembagian laptop dan server ini yang secara simbolis diterima oleh lima kepala Sekolah Penyelenggara UNBK, Kepala SMPN 19, 23, 28, 36 dan 37 saat acara deklarasi dan penandatanganan pakta integritas UN jujur di Gedung Mandala Saba Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Jumat (20/4/2018). 

“Pemerintah Kota Bandung atas dukungan dari DPRD Kota Bandung telah mengganggarakan sekitar Rp 50 miliar untuk mendukung UN berbasis Komputer ini. Kami konsisten dan terus berupaya meningkatkan pelayanan pendidikan berbasis TIK,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana.

Pembagian laptop dan server ini dalam pelaksanannya hanya untuk sekolah negeri, untuk sekolah swasta, Pemkot Bandung telah mengupayakan melalui program bantuan investasi, dimana sekolah swasta mengusulkan bantuan investasi bersama-sama dengan bantuan personal melalui hibah dan mereka belanja sendiri.

“Ini sudah tahun ketiga pemberian bantuan laptop, jadi sekarang kita optimalkan supaya SMP negeri bisa ujian mandiri. kecuali untuk tiga SMP yang belum mempunyai siswa kelas tiga, tapi kita berikan untuk pembelajaran saja,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close